Kamis, Januari 24, 2013


Suku bangsa aceh tersebar di seluruh pelosok daerah Aceh seperti kota Sabang, Aceh Besar, Banda Aceh, Langsa, Aceh Tmur, Aceh Barat, Aceh Selatan, Aceh Jaya dan Nagan Raya. Serta di seluruh penjuru Aceh lainnya. Kawasan ini juga memiliki berbagai macam suku di dalamnya, diantaranya adalah:

Suku Aneuk Jamee 
yang memiliki bahasa yang sendiri yang mirip dengan bahasa Minang. Suku ini menempati wilayah Aceh Selatan di kecamatan Labuhan Haji, Tapaktuan, Samadua, Kluet Utara. Suku ini juga menempati wilayah Aceh Barat Daya, di kecamatan Susoh, Manggeng dan berbagai daerah lainnya sebagai minoritas.

Suku Devayan 
adalah suku yang mendiami pulau Simeuleu, yang dibagi dalam 5 kecamatan, yakni Teupah barat, Teupah selatan, Salang, Simeulue Timur dan Simeulue Timur dan Tengah.

Suku Gayo 
sama seperti suku Tamiang memiliki bahasa sendiri, yakni bahasa Gayo. Suku ini tersebar di kabupaten Gayo Lues dan Kabupaten Bener Merah.

Suku Haloban 
adalah suku Aceh yang menempati wilayah kepulauan di bagian barat Aceh. Wilayah kepulauan ini bernama kabupaten Aceh Singkil.

Suku Julu 
sebenarnya masih bagian dari Suku Pak Pak Boang yang berasal dari Sumatera Utara. Pada jaman dahulu, suku ini adalah penghuni asli daerah Aceh Singkil dan dan Subussalam.

Suku Kluet 
tersebar di sebagian besar kabupaten Aceh selatan, yang dibagi menjadi kecamatan Kluet Utara, Timur, Selatan dan Barat.

Suku Tamiang 
adalah suku di Aceh yang memiliki bahasa sendiri, yakni bahasa Tamiang. Bahasa ini memiliki dialek mirip Melayu. Suku ini tersebar di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh Timur dan Kota Langsa.

Suku Sungalai 
adalah suku yang mendiami sebagain besar dari Simeulue Barat, Alafan, Salang, Teluk dalam dan Simeulue Tengah.

Demikian adalah sebaran suku-suku yang termasuk dalam suku bangsa Aceh di bumi serambi mekah ini. Semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi anda. (iwan)
Sumber :      http://ridwanaz.com

0 komentar: