BERBAGI CERITA GAYA HIDUP SARJANA TEKNIK DAN ILMU CIVIL ENGINEERING

Kamis, Februari 28, 2013

KUAH BEULANGONG Sie Leumo - Kari Aceh


Ailovrends sedang ngidem masakan khas Aceh?, 
kali ini dodoy Ingin mengajak ailovrends bersantap siang dengan menu kari Lembu khas Aceh "KUAH BEULANGONG Sie Leumo"
Kuah beulangong ini buka hanya Jam 11.30 WIB 
Di Banda Aceh, mencari warung-warung yang menjual sie leumo atau kari lembu sangat mudah. Nah, salah satunya yang paling terkenal adalah warung "KUAH BEULANGONG Sie Leumo" yang dimiliki oleh Abu Bakar yang berada di RAWA SAKTI COFFEE SHOP BANDA ACEH. Ailovrends tidak perlu menunggu acara kawinan lagi untuk menyantap Kari Lembu...
Segera nikmati... (^_^)
Harga  "KUAH BEULANGONG Sie Leumo di RAWA SAKTI COFFEE SHOP BANDA ACEH.
Rp. 20.000.- /Piring + Free Nasi Putih.

Untuk Info lebih lengkap... CALL  SERVICE..

Denah lokasi :

Sketsa Lokasi

Dari Jarak Dekat

Ini Rawa Sakti Coffe
“Kari Aceh” adalah jenis makanan khas Aceh yang paling digemari di Aceh dan “Kuah Beulangong” dalam Bahasa Aceh sedangkan “Kuah Beulanga” dalam Bahasa Indonesia. 

Kari Aceh memiliki rasa yang sedikit pedas yang berwarna kuning. Terdapat empat jenis masakan kari Aceh dengan bahan utama yang berbeda, yaitu kari kambing, kari daging lembu, kari itik dan kari ayam. Santan buah kelapa dan berbagai bahan masakan lainnya, seperti buah nangka, atau buah pisang muda, cabai merah, cabai keling, kelapa gongseng, dll. merupakan bahan-bahan utama yang menjadikan masakan kari Aceh menjadi istimewa. Dalam banyak kesempatan. 
Kari Aceh dimasak secara tradisional dengan menggunakan sebuah belanga besar yang dirancang khusus. Pada umumnya, hanya orang-orang lelaki dewasa yang memiliki keahlian memasak yang mampu memasak masakan kari, sehingga akan menjadi daya tarik dan pengalaman tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung.





Enhanced by Zemanta

Bagaimana Menulis Catatan Perjalanan

Ibarat Kenangan yang buram
Ailovrends suka melakukan sebuah perjalanan? dan bisa menjadi kesenangan atau ketertarikan sendiri bagi ailovrends untuk menjadikannya kenangan dalam hidup ini. Sangat disayangkan bila ailovrends tidak menulis atau merekam dalam sebuah potret dan skrip catatan kecil agar tidak menjadi kenangan buram. Bisa saja catatan itu menjadi sebuah artikel terbitan dari majalah-majalah seperti yang telah dilakukan oleh Benny Rhamdani dalam di berbagai media.

Seperti teman dodoy yang suka dengan kegiatan Traveling, menulis catatan untuk dibagikan menjadi ketertarikan sendiri dalam hidupnya. Niat dodoy dalam tulisan tips kali ini selain didapat dari mas Benny Rhamdani dalam postingannya di Media Kompasiana, dodoy terdorong untuk membantu mengembangkan pemahaman ailovrends yang suka traveling seperti teman dodoy agar lebih baik dalam membuat cacatan dari sebuah potret memory sebuah perjalanan.

Agar pengalaman tersimpan menjadi skrip atau draft yang dapat dibaca kembali di waktu tertentu dan dibagikan kepada yang lainnya, berikut ini dodoy teruskan tulisan Tips-tips menulis catatan sebuah perjalanan.
  • Tentukan audiens : Apakah catatan perjalan tersebut untuk majalah wisata, surat kabar atau web perjalanan online? jika media cetak, lihatlah pasarnya. Sebisa mungkin pelajari jenis tulisan wisata di tempat ailovrends melakukan perjalanan. Menentukan audiens akan menentukan tulisan yang dihasilkan.
  • Bersiaplah selalu membawa pena dan notes : Catat nama jalan, harga tiket museum, nama-nama orang, serta informasi penting lainnya. Data di lapangan jauh lebih valid saripada dari internet.
  • Jangan lupa mengabadikannya dalam bentuk foto : ini akan membantu mengingat hal-hal yang mungkin terlupa. Tulisan perjalanan ibarat sayur tanpa garam jika tidak disertai foto.
  • Tambahkan juga fakta-fakta penting dan sejarah tempat yang dikunjungi : Kisang perjalan pribadi dan informasi tempat yang dikunjungi akan menjadi artikel menarik. info tersebut bisa dipaparkan dengan bentuk yang sama seperti dari katalog wisata.
  • Cari informasi baru tentang tempat yang dikunjungi : coba bicara dengan penduduk setempat dan coba menemukan tempat rahasia, yang relatif tak tesentuh oleh wisatwan dan wartawan.
  • Jangan pernah takut untuk menjadi norak, lucu atau jujur dalam tulisan kita : Setiap orang memiliki selera perjalanan yang berbeda, tetapi pasti ada orang di luar sana yang memiliki selera yang sama. Jangan jaim dalam tulisan untuk mengungkap hal-hal yang bikin kita malu.
  • Draft pertama catatan kita haarus memberi rincian daasar informasii penting : Jangan khwatir jika draft pertama membosankan karena kita akan mengeditnya. Pembaca harus bisa mengikuti jejak perjalanan kita.
  • Beri cerita agara tulisan kita menjadi lebih hidup : Gunakan metafora untuk menghidupkan tulisan. Penulis yang baik akan dapat memikat pembaca, tidak peduli seberapa kering objek yang ditulis.
  • Beritahu pembaca : beritahukan mereka hal yang kita suka atau tidak di tempat-tempat yang kita kunjungi beserta alasannya.
  • Sediakan waktu untuk menyunting : jangan biarkan tulisan kita penuh kesalahan tanda baca dan tata berbahasa. Juga pastikan tulisan kita fakta semua informasi.
Selain itu mungkin banyak lagi tips yang dapat ailovrends kembangkan menjadi tolak ukur ailovrends sebagai penempuh sebuah catatan, yang jelas dodoy sangat menyayangkan sekali bila ailovrends tidak dapat merekam dalam visual ataupun tulisan yang mungkin bisa disebar atau malah diterbitkan dalam sebuah media.

Sebuah inspirasi dan dorongan untuk menjadi lebih baik. 
(To my friend, Intika fonda sang Traveler)

Salam hangat,

Dodoydoni

Rabu, Februari 27, 2013

Professionalitas Dalam Pekerjaan - Membagi waktu

Beberapa hari setelah Training dodoy ikuti di Radio Rumoh PMI Aceh, ingin rasanya dodoy sharing kepada ailovrends semua tentang beberapa hal yang mungkin bisa menjadi sebuah motivasi bagi semua yang mencernanya.. hehe

Mengingat pendidikan kita selama ini masih memiliki beberapa hal yang kurang dalam mendidik penerus bangsa dalam kondisi practical di lapangan. Beragam penelitian telah dilakukan oleh pe-riset pendidikan dan man power (Tenaga Kerja), namun masih saja banyak yang melenceng dalam suatu hal yang bersangkutan dalam lingkup yang professional sehingga menghambatlah pekerjaan atau malah meninggalkan pekerjaan.

Kamis, Februari 21, 2013

Obrolan Anak Perantauan ACEH - Mahasiswa Provinsi Vs Daerah


Pengalaman Pribadi Agus Rijal - Mahasiswa Teknik Sipil Unsyiah.

Malam Itu tepat jam 22.00 WIB, di persimpangan Antara Aceh Timur dan Aceh Barat.
Sambil Menunggu Bus yang datang untuk menuju ke tempat aku menuntut ilmu yaitu Kampus ku tercinta Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Pada malam itu aku yang tengah berada di kampungku tepat di daerah Aceh Timur dan ingin menuju Ke arah Barat Aceh.

Suasana memang sangat sepi karena Kota itu selalu sepi berbeda dg Kota kita di sana (Banda Aceh).

Selasa, Februari 19, 2013

Mengenal Desain Ruang Dalam



Sebelumnya perlu kita ketahui kenapa kita harus mengatur ruang-ruang yang ada dalam bangunan gedung. Sebuah bangunan dibuat dalam rangka untuk mengakomodasi segala kegiatan dari penghuni rumah/ bangunan. Kegiatan tersebut bisa jadi merupakan 

kegiatan bagi manusia, tapi tidak menutup kemungkinan bila kegiatan/ aktivitas tersebut dilakukan atau diperuntukkan bagi hewan, benda mati ataupun  mesin-mesin produksi.

Pilihan Dunia Kerja Bagi Calon Sarjana Teknik


English: Al Bordeau Reviewing Plansets. Is thi...
English: Al Bordeau Reviewing Plansets. Is this a plan of utilities like water supply, electricity, etc in a urban district (MUD District Tract = Municipal Utility District)? which? what device is lying there? (Photo credit: Wikipedia)
Sebelum Ailovrends memilih jurusan kuliah, tentunya setiap Pribadi ailovrends sudah punya tujuan kemana akan melanjutkan langkah setelah lulus. Ada yang melanjutkan kuliah lagi ke jenjang yang lebih tinggi dan ada juga yang memutuskan meniti karir di perusahaan-perusahaan sebagai profesional.

Menurut Pendapat beberapa teman dodoy di Kampus Universitas Syiah Kuala, banyak diantara mereka yang telah memiliki tujuan selanjutnya pada akhir-akhir kuliah, dan biasanya calon sarjana teknik memang banyak memiliki peluang kerja yang sesuai dengan skill dari bidang yang telah diambil saat masih di masa perkuliahan.

Senin, Februari 18, 2013

KUTIPAN JUDUL SKRIPSI TEKNIK SIPIL


Ailovreds sedang mencari judul Skripsi Teknik Sipil?

Masih Belum Ketemu? Atau permasalahan di Daerah ailovrends sudah tidak ada lagi yang bisa dijadikan Acuan? Kali ini dodoy berikan beberapa judul skripsi yang diminta oleh beberapa teman angkatan kuliah di kampus Teknik dodoy.

Judul-judul skripsi ini dapat ailovrends ambil sesuai Bidang Ailovrends dan juga fokus ke salah satu literatur yang dikembangkan sesuai dengan permasalahan di daerah Studi Kasus Ailovrends.

Minggu, Februari 17, 2013

Beasiswa USAID - Prestasi


Ailovrends, sekarang ada beasiswa lagi bagi ailovrends yang merupakan WNI dan terkhususnya bagi WNI yang berada di daerah yang jauh dari pusat Ibukota Indonesia, Beasiswa diberikan oleh USAID Govrenment teruntuk Indonesia agar dapat pelatihan dan dukungan sekaligus dalam pertukaran jangka panjang, melatih kepribadian ailovrends, organisasi atau pengembangan dalam sebuah institusi atau perusahaan.


Mengenal Penyakit Jiwa Mahasiswa Akhir - Skripsi

Ailovrends, Bagaimana kabar kuliah kamu? Mungkin diantara ailovrends yang sedang bermasalah dengan berbagai kondisi di ujung perkuliahan, tak lain tak bukan permasalahan itu adalah SKRIPSI, jiwa seorang calon sarjana teknik adalah sebuah Skipsi, 

Jika ailovrends menemukan sesuatu yang janggal dari temen ailovrends yang dapat dilihat dari kondisi fisiknya seperti rambut acak-acakan atau kumis tak terurus, berarti jiwanya sedang berpacaran dengan Skripsi. hehehe

Solusi Car Free Day Saja Tidak Cukup

Ailovrends, jika Banda Aceh hanya memiliki Koridor yang Ramah Lingkungan hanya dengan Car Free Day saja menurut dodoy belum cukup. Setuju?

Banda Aceh harus segera mencari solusi lain setelah dilakukan Program CarFree Day yang sudah diimplementasikan pada jalan Daud Bereueh pada bagian tengah koridor Kota Banda Aceh saat ini. Solusi lain yang harus dilakukan demi mengatasi kemacetan di hampir semua sudut jalan kota tidak hanya pada satu koridor saja, solusi ini sekaligus mengurangi pencemaran udara. Apakah Pemerintah Kota Banda Aceh sudah ada rencana selanjutnya yang telah dimasukkan pada rencana jangka menengah (RJM) 2012-2016?

Jumat, Februari 15, 2013

Inovasi Produk Pembaca Kualitas Udara


Apakah impian Ailovrends untuk mengetahui Seberapa tinggi kualitas udara di manapun ailovrends berada, mulai dari perangkat yang akurat, cepat, dan harga yang relatif murah?

Nah, jika demikian, impian ailovrends akan menjadi kenyataan dengan Telur Kualitas Udara. Perangkat ini mengukur konsentrasi NO2 dan CO, indikator terbaik untuk mengetahui tingkat polusi udara, dan berbagi data dengan puluhan atau ratusan telur lainnya untuk membentuk gambar kualitas udara di daerah Anda. Plus, terlihat keren! Dan Inovatif!

Penghargaan Kepada Perusahaan Green Energi


Ailovrends yang sangat ingin tahu atau meminati segala sesuatu yang berbasis hemat energi dan ramah lingkungan, baru saja Komisi Energi California pada hari ini menyetujui penghargaan lebih dari $ 17.200.000 untuk berbagai proyek transportasi hijau, termasuk lebih dari $ 2.2 juta penghargaaan yang dibuat ntuk memperluas jaringan di seluruh negara bagian dari Perusahaan stasiun pengisian kendaraan listrik.

Penghargaan dilakukan melalui Alternatif CEC dan Bahan Bakar Terbarukan dan Program Kendaraan Teknologi, diciptakan oleh Majelis Bill 118. Program ini dijadwalkan untuk berinvestasi sekitar $ 90 juta selama tahun fiskal ini untuk mengembangkan teknologi transportasi baru, ditambah bahan bakar alternatif dan terbarukan.

Rabu, Februari 13, 2013

Perbedaan Jasa Desain Arsitek - Desain Ruang Dalam


Dalam interior/arsitektur yang menggunakan jasa studio desain biayanya mahal, apa benar? Berapa sebenarnya biaya jasa arsitek?
Ailovrends sebaiknya tahu dulu bahwa pekerjaan desain interior dan arsitektur adalah dua hal yang berbeda, Darimana Koq beda? meskipun keduanya sama-sama mendesain yaitu mendesain ruang. Technically, definisi kasarnya dari desain arsitektur yaitu mendesain tampak luar, yaitu tampak luar sebuah bangunan, rumah, ruko, rukan, mall atau gedung perkantoran.

Mengenal RAB - Rencana Anggaran Biaya Konstruksi


Businessman and woman using a calculator
Businessman and woman using a calculator (Photo credit: SalFalko)
Ailovrends, Dalam proses pekerjaan bangunan perkiraan jumlah pekerja dan kalkulasi jumlah material sangat berperan penting dalam kontrol kualitas dan kuantitas pekerjaan. Bag sudah teri ailovrends yang sudah terbiasa dengan gambar struktur dan angka koefisien pada analisa satuan pekerjaan hal tersebut bukan pekerjaan sulit, tapi bagi mereka yang masih sangat baru dalam mengembangkan skill perhitungan jumlah material dan lainnya merupakan pekerjaan yang cukup sulit dan memusingkan.
Analisa Harga Satuan Pekerjaan berfungsi sebagai pedoman awal perhitungan rencana anggaran biaya bangunan yang didalamya terdapat angka yang menunjukan jumlah material, tenaga dan biaya persatuan pekerjaan, contohnya :
  1. Pekerjaan plesteran - satuan pekerjaan m2
  2. Pekerjaan pas. batu bata - satuan pekerjaan m2
  3. Pekerjaan pas. pondasi batu kali - satuan pekerjaan m3
  4. Pekerjaan cat catan - satuan pekerjaan m2
  5. Pekerjaan rangka atap - satuan pekerjaan m3
  6. Pekerjaan reng usuk - satuan pekerjaan m2
  7. Pekerjaan genteng - satuan pekerjaan m2
  8. Pekerjaan plafon - satuan pekerjaan m2
  9. Pekerjaan lantai keramik - satuan pekerjaan m2
  10. Pekerjaan beton struktur - satuan pekerjaan m3
  11. Pekerjaan kusen - satuan pekerjaan m3
  12. dan lain lain.
Daftar diatas adalah contoh satuan pekerjaan yang biasa dipakai dalam pekerjaan gedung (bisa diperoleh pada analisa SNI)

Contoh analisa :
1 m3 beton bertulang campuran 1Pc : 2Ps : 3Kr ( besi 200 kg + bekisting ) 
Bahan
0.2000     m3   Kayu begesting 
1.5000     kg    Paku biasa 2" - 5"
0.4000     Ltr   Minyak begesting 
200.00     kg    Besi beton polos
2.2500     kg    Kawat beton
8.0750     zak  Semen portland
0.5200     m3   Pasir beton
0.7800     m3   Koral beton 2/3
Tenaga 
3.9000     Oh    Pekerja
0.3500     Oh    Tukang batu
1.0400     Oh    Tukang kayu
1.0500     Oh    Tukang besi
0.2450     Oh     Kepala tukang
0.1650     Oh    Mandor

Keterangan :
Angka koefisien besi beton 200 kg = jumlah besi yang dibutuhkan dalam 1 m3 beton,
contoh perhitungan untuk 10 m3 beton, harga besi per-kg Rp. 10.000,-
harga besi per m3 beton  200 kg x Rp. 10.000,- = Rp. 2.000.000,-
harga besi untuk 10 m3 beton  Rp. 2.000.000,- x 10 m3 = Rp. 20.000.000,-
bahan yang butuhkan 200 kg x 10  m3 = 2.000 kg besi
berapa kebutuhan besi dalam lonjor ?
cara praktis menghitung berat besi tulangan

cara praktis perhitungan kg besi perlonjor = 
0,074 x d x d  kg/lonjor
cara praktis perhitungan kg besi perlonjor = 0,0074 x d x d  kg/m

contoh berat besi diameter 12 mm per-lonjor ( 12 m ), 
0,074x12x12 = 10,66 kg/ljr
Jumlah total besi 2.000/10,66 = 187,66 lonjor
(kebutuhan besi harus dicek dengan memperhitungkan pemotongan dan pembengkokan tulangan sesuai kebutuhan)

Angka koefisien pasir 0,5200 m3 = jumlah pasir yang dibutuhkan dalam 1 m3 beton 
contoh perhitungan untuk 10 m3 beton, harga pasir per-m3 Rp. 150.000,-
harga pasir per m3 beton  0,5200 m3 x Rp. 150.000,- = Rp. 78.000,-
harga pasir untuk 10 m3 beton  Rp. 78.000,- x 10 m3 = Rp. 780.000,-
bahan yang butuhkan 0,5200 m3 x 10  m3 = 5,2 m3

Angka koefisien tenaga, contoh pekerja 3,9000 Oh ( orang per hari ) = kebutuhan tenaga kasar dalam 1 m3 beton ( terkait dengan upah dan waktu kerja )

untuk menentukan koefisien analisa satuan Pekerjaan bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, diantaranya adalah :

1.      Melihat buku Analisa BOW
Koefisien analisa harga satuan BOW ini berasal dari penelitian zaman belanda dahulu, sudah jarang digunakan karena adanya pembengkakan biaya pada koefisien tenaga.
2.      Melihat Standar Nasional Indonesia (SNI)
Standar Nasional ( SNI ) ini di keluarkan resmi oleh Badan Standarisasi Nasional secara berkala sehigga SNI tahun terbaru merupakan revisi edisi SNI sebelumya. untuk memudahkan mengetahui edisi yang terbaru, SNI ini diberi nama sesuai tahun terbitnya misal : SNI 1998, SNI 2002 , SNI 2007, dst
3.      Melihat standar perusahaan
pada perusahaan konstruksi/konsultan biasanya menentukan koefisien analisa harga satuan tersendiri sebagai pedoman kerja, koefisien analisa harga satuan perusahaan ini biasanya merupakan rahasia perusahaan.
4.      Pengamatan dan penelitian langsung dilapangan.
Cara ini dilakukan oleh orang yang ahli dan berpengalaman, hasilnya akan mendekati ketepatan karena diambil langsung dari pengalaman kita dilapangan, caranya dengan meneliti kebutuhan bahan, waktu dan tenaga pada suatu pekerjaan yang sedang dilaksanakan.
5.      Melihat standar Harga satuan per wilayah
Harga satuan ini dikeluarkan per wilayah oleh pemerintah / perusahaan, jika kita menggunakan harga satuan ini maka kita tidak memerlukan koefisien analisa harga satuan karena untuk menghitung rencana anggaran biaya kita hanya perlu mengalikan volume pekerjaan dengan harga satuan.
Udah dulu sampai disini saja ya ailovrends, kalau panjang lagi gak akan habis kita kupas. Dodoy masih perlu belajar lagi untuk ini.
Enhanced by Zemanta

Management Alat Berat - Heavy Vehicle


Add caption
Ailovrends,

Berikut ini ringkasan yang dapat kalian gunakan sebagai pedoman dalam management alat berat dalam pekerjaan teknik sipil serta mengetahui dan menganalisa kebutuhan alat berat dalam proyek.
Alat berat mungkin sering kita jumpai bila ada sebuah kegiatan proyek, pedoman ini dapat diambil untuk wawasan dan bahan dalam mata kuliah ailovrends pengenalan management alat berat konstruksi teknik sipil

Senin, Februari 11, 2013

Mengenal Becak - Moda Transportasi Pertama

Cycle Rickshaw!... crimson chakra
Cycle Rickshaw!... crimson chakra (Photo credit: ramesh.rasaiyan)
Ailovrends pasti tahu becak kan. Di Indonesia terdapat tiga jenis becak. Pertama, becak dayung dengan pengemudi di belakang. Jenis ini ada di Jawa. Kedua, becak dayung dengan pengemudi di samping. Jenis ini ada di Jawa dan Sumatera. Ketiga, becak motor. Jenis ini ada di Sumatera. Di Padang, jenis ini yang banyak. 
Nah, Ailovrends tahu nggak gimana sejarah kendaraan ini. Menurut catatan sejarah, kendaraan ini pertama kali muncul di Jepang. Di sana, kendaraan ini bernama jinrikisha (mungkin dari nama inilah muncul nama rickshaw, rikisha-rickshaw). Awal konsepnya adalah kendaraan yang mengangkut satu penumpang, tanpa menggunakan kuda sebagai penarik.


Becak (dari bahasa Hokkien: be chia "kereta kuda") adalah suatu moda transportasi beroda tiga yang umum ditemukan di Indonesia dan juga di sebagian Asia. Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi.

Di Indonesia ada dua jenis becak yang lazim digunakan:
  • Becak dengan pengemudi di belakang. Jenis ini biasanya ada di Jawa.
  • Becak dengan pengemudi di samping. Jenis ini biasanya ditemukan di Sumatra.
Untuk becak jenis ini dapat dibagi lagi ke dalam dua sub-jenis, yaitu:
  1. Becak kayuh - Becak yang menggunakan sepeda sebagai kemudi.
  2. Becak mesin - Becak yang menggunakan sepeda motor sebagai  kemudi.

Cycle-Rickshaw
Cycle-Rickshaw (Photo credit: rishibando)
Indonesia bike46
Indonesia bike46 (Photo credit: Wikipedia)


      Selain di Indonesia, becak juga masih dapat ditemukan di negara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Vietnam dan Kuba. Di Singapura, becak kini hanyalah sebuah alat transportasi wisata saja.










Namun ada satu Becaj yang sangat futuristik dan modern di negara yang sudah sangat sangat maju yang digunakan alat transportasi handa, kira kira dmana sih? Ailovrends tau gak??




Sekilas emang seperti bajai, namun kereta ini digunakan masih memakai tenaga manusia dengan cara menggejotkan kaki pada pedal seperti sepeda. 



Futuristik sih bukan berarti dapat mengalahkan seni becak di indonesia. bukan begitu ailovrends?


Di Indonesia Becak lebih banyak macam dan seni yang berkelas international juga, terkesan lebih Vintage gitu lho...




Banyak wisatawan yang datang ke Indonesia lebih memilih menggunakan becak, untuk mengenah masa jaman dahulu kala... 


Lingkup Perencanaan Transportasi


Lingkup perencanaan transportasi meliputi aspek-aspek yang berkaitan dengan rencana pengembangan wilayah / daerah. Tipe atau lingkup kajian studi perencanaan transportasi yang dibagi dalam 3 kelompok besar, yaitu:

1. Studi perencanaan prasarana transportasi
• Penyiapan master plan pelabuhan, bandar udara ataupun terminal antar moda.
• Penentuan trase jalan raya atau trase rel kereta.

Minggu, Februari 10, 2013

My Name is Daroy, I am Not An .....


First Place at introducing myself  in Daroy International Clan Facebook Grup. 

"Hey My name is Doni Daroy, I’m Acehnesse." 

And They said : "What? Where The Daroy comes from in Aceh?." They was so excited when they know Aceh has people named Daroy. They are philipines within Large number of The Daroy. 

In my family History, Daroy just my Grandpa's name and he was died since i didn't born yet. And, just me who was Lucky got this last name but not the other of my family.

Rabu, Februari 06, 2013

Mari Mengenal Wawancara



Ailovrends, 
Kali ini dodoy ingin sharing tentang sebuah kegiatan wawancara yang dilakukan sekelompok anak sekolahan termasuk didalamnya adik kandung dodoy yang sekolah di Labschool Syiah Kuala Banda Aceh tahun lalu, mereka sempat melakukan kegiatan wawancara untuk menjadi seorang tentor les di Banda Aceh.
Mungkin ailovrends dapat menggunakan format contoh wawancara ini untuk kepentingan ailovrends atau juga sebagai wawasan ailovrends semata.

Konsep Ekonomi Teknik



Permasalahan ekonomi, bisnis dan sektor lain membutuhkan  perhitungan teknis dan permasalahan teknik membutuhkan perhitungan dan analisis ekonomi. Ekonomi teknik adalah disiplin ilmu yang digunakan untuk menganalisa aspek-aspek ekonomis dari usulan investasi yang bersifat teknis. Disebut juga analisis ekonomi atau analisis keputusan ekonomi.

Kereta Api Aceh, Modal Transportasi yang Hilang


Halo Ailovrends, 

Apakah ailovrends pernah punya pikiran bepergian dari Medan ke Banda Aceh? Dengan menaiki bus, ailovrends membutuhkan waktu 10 jam untuk tiba di Banda Aceh dengan nyaman. Atau jika ailovrends buru-buru dan mempunyai kocek yang tebal naik saja pesawat terbang, 45 menit sudah sampai di Bandara Sultan Iskandar Muda. Namun bagaiman orang tempoe doeloe, tahun 1930-an, bepergian dari Medan-Banda Aceh? Mereka umumnya menggunakan jasa transportasi kereta Api.