BERBAGI CERITA GAYA HIDUP SARJANA TEKNIK DAN ILMU CIVIL ENGINEERING

Sabtu, Maret 30, 2013

Go Green Level – Tahapan Hidup Ramah Lingkungan

Ailovrends, sudah lama dodoy tidak menulis di blog ini. Kalau dihitung-hitung lamanya hampir 7 tahun alias 7 hari, lebay sesekali. Kali ini dodoy berniat menuliskan artikel yang benar-benar super sekali. Tidak seperti biasanya, sumber inspirasi kali ini berasal dari lingkungan Bridge English Club. Club tersebut merupakan wadah dimana praktisi english speaker termasuk dodoy (Cia’elah) yang mencoba mengambil satu tema untuk dibicarakan setiap minggunya. 

Mengingat tema yang terpilih dan diusulkan menjadi topik berasal dari usulan dodoy, jelas temanya pasti gak jauh-jauh dari Green, Environment, City, dan lainnya yang berhubungan dengan postingan di Blog Ramah Lingkungan ini. Maka dari itu, Dodoy akan mengulas banyak tentang Go Green Level – Tahapan Hidup Ramah Lingkungan.


Sebelumnya, apakah ada diantara ailovrends yang belum tahu apa itu Go Green?. Coba buka tab baru dan klik Google dan selanjutnya isi di search box google dengan tulisan Go Green atau peduli ramah lingkungan, atau coba baca postingan dodoy sebelumnya Disini .

Nah, sebenarnya dukungan masyarakat agar aware terhadap lingkungan sudah banyak ailovrends temukan di masing-masing kota. Ada yang mencoba menanam pohon, ada yang mencoba beralih moda transportasi dengan berjalan kaki, ada yang anti dengan lampu rumah atau malah ada yang sampai-sampai anti dengan parfum yang wangi. Berdasarkan ketelitian dodoy mengulik-ngulik beberapa sumber, ternyata itu semua memiliki levelnya masing-masing, menurut dodoy. Dapat disebut sebagai tahap-tahap bagi langkah kita mendukung  kata Go Green.

Level Dasar

Pada level ini kita sebagai manusia yang peduli sesama, sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga lingkungan. Mau gak mau, kita akan merasakan dampak dari perbuatan yang telah kita berikan terhadap lingkungan sekitar kita. Apakah dampak itu menjadi positif atau malah menjadi hal yang negatif bagi kita. Untuk itu, langkah yang sebaiknya ailovrends lakukan dalam level ini adalah.



  • Memulai hari dengan menyanyi "Bangun tidur ku terus mandi". Lho?. Melakukan penghematan air wajib hukumnya, karena ketersediaan air di bumi kita ini terbatas, apalagi penyediaan air milik PDAM.  Lebih rinci lagi, Saat menjelang kegiatan gosok-gosok gigi, cobalah masing-masing ailovrends untuk menyiapkan gelas berisi air untuk berkumur, sehingga dapat menghemat pemakaian air saat berkumur.
  • Mandi jangan terlalu lama. Mengingat waktu adalah uang. Dan anggota keluarga ailovrends juga sedang menunggu diluar untuk segera bergantian.
  • Matikan shower bila ailovrends punya di kamar mandinya. Saat sedang memakai sabun atau shampo, jangan terlalu lama terlena dengan gosokan tangan karena hasilnya sama saja bila shampo yang dipakai adalah yang seribu dapat dua.
  • Meninggalkan rumah dalam keadaan Listrik padam. Jangan lupa mematikan semua elektronik, mulai dari lampu, TV, rice cooker, AC, dll.   
  • Membawa perlengkapan bekal sendiri, apakah itu termos atau mangkok tempat menampung nasi serta lauk. Jangan sampai menggunakan plastik yang sama sekali tidak ramah lingkungan. Dan ini wajib bagi ailovrends yang suka makan. *Peace*.
  • Menggunakan kertas secara timbal-balik, bolak balik, sudut atas, kanan bawah. Jangan pula sampai menulis surat atau catatan bila ada salah sedikit langsung disobek, bisa saja kertas itu bisa menjadi kegunaan lain sebagai catatan yang lebih penting.
  • Membawa plastik-plastik yang diperoleh dari pedagang kios untuk kita bawa pulang. Lebih baik kita menggunakannya daripada membuangnya begitu saja, mengingat banyak kegunaan lain dari plastik selain membungkus barang belanjaan. Seperti menjadi sarung tangan dadakan, sarung kepala pengganti mantel anti hujan, dan bisa menjadi lapisan tong sampah yang memudahkan kita mengumpulkan sampah-sampah. Ingat 3R. Gunakan kembali (Reuse), daur ulang (recycle) dan kurangi (reduce).
  • Menyalakan lampu rumah seadanya di malam hari. Agar cara ini lancar, mulai sekarang coba jangan menonton film horror yang settingan-nya malam. Sebab akan mempengaruhi daya imajinasi kita terhadap halusinasi yang aneh-aneh di malam  hari.
  • Menyiram Bunga, Ini level murah meriah kan, daripada repot-repot menanam pohon, lebih baik coba menanam bunga dan menyiramnya, agar ia tumbuh sehat dan kuat. Hal ini akan menjadi kesenangan sendiri sebab dampak positif dari energi yang diperoleh oleh keteduhan perkarangan taman. Jangan buru-buru menanam pohon bila tak sanggup merawatnya. Bisa-bisa nanti perkarangan rumah ailovrends menjadi hutan kota.

Level Menengah Pertama

Bumi ini adalah satu-satunya planet layak huni yang harus diwarisi kepada anak cucu kita.. Apa saja yang dapat kita lakukan untuk merawat Bumi?.

Naning Adiwoso, Ketua Green Building Council Indonesia (GBCI) mengatakan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga Bumi tercinta ini :
  • Gunakan produk lokal, Relevansi dari kalimat ini mungkin tidak ada, namun secara langsung bila ailovrends setia dengan produk lokal maka pemasokan produk luar akan berkurang semakin lama, maka ini akan mengurangi dampak polusi atau sampah yang terdapat di kota tercinta kita.
  • Tanam pohon dan pelihara, Mungkin ini terasa berat dan harus loyal meluangkan waktu. Semakin kita sadar bahwa Bumi sudah sangat lemah dan minim lahan hijau, maka sebaiknya kita mengantisipasi akan terjadinya pencairan es di kutub utara dan selatan yang semakin lama semakin meningkatkan tingginya permukaan air di bumi.
  • Cek emisi kendaraan secara berkala, Bagi kita yang sangat bergantung dengan kendaraan bermotor, oleh sebab nilai waktu kita yang sangat tinggi, maka untuk itu cobalah mengontrol emisi dari mesin kendaraan ailovrends, tidak menutup kemungkinan bagi kendaran baru juga tidak lolos dalam pengujian emisi ini.
  • Hemat biaya bahan bakar dan mengurangi polusi, Salah satu caranya dengan mengurangi suhu alat pendingin mobil 1 derajat saja dan Ailovrends akan dapat menghemat BBM hingga 10%. Ingat, 1 derajat saja bisa membuat perbedaan besar.
  • Memilah sampah rumah tangga, Organik dan Anorganik, itu biasanya telah dilakukan oleh masyarakat luar negeri. Dinas kebersihan sebelumnya juga sudah menegaskan kita untuk memilah sampah basah dan sampah yang kering. Maka dari itu cobalah memilah-milah sampah yang baik dan bisa didaur ulang dan mungkin tidak. Ingat sekali lagi mengenai 3R. Gunakan kembali (Reuse), daur ulang (recycle) dan kurangi (reduce).

Dengan mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan diatas, Ailovrends terdorong untuk menghemat penggunaan energi, baik listrik, air, maupun sumber daya alam yang proses memperbaruinya tidak mudah.

Level Menengah Keatas

Pada level ini mungkin hanya sebagian kita yang seharusnya bisa melakukan ini. Secara masing-masig dari ailovrends juga memiliki bidangnya masing-masing. Namun tidak terkecuali mencoba beraksi atau belajar untuk mengetahui langkah-langkah ini.
  • Buat sumur resapan, Bila kita ingin menjaga kondisi kebersihan air dalam tanah, maka hal ini sangat penting kita lakukan, selain itu ini sangat mempengaruhi kesuburan tanah disekitar perkarangan rumah. Dengan adanya sumur resapan, ailovrends juga tidak perlu repot-repot menggunakan jasa layanan penyedotan tinja seminggu sekali.
  • Beralih dari moda transporasi pribadi menjadi transportasi publik. Ini sangat mengurangi dampak dari polusi udara dan suara. Berdasarkan survey Badan Pusat Statistik (BPS), tahun lalu pertumbuhan kendaraan milik pribadi telah mencapai lebih dari 10% setiap tahunnya. Berarti semakin lama kapasitas jalan tidak akan sanggup lagi menampung beban volume yang melambung tinggi. Bisa jadi dengan beralih menggunakan transportasi publik akan menyadarkan pemerintah kita untuk membangun fasilitas infrastruktur kota yang cerdas, ramah, dan hemat energi.
  • Menolak memiliki teknologi Dishwasher, Walaupun penggunaan dishwasher terbilang jarang di Indonesia, namun bukan berarti Ailovrends tidak mungkin dapat memilikinya, sebab teknologi yang canggih ini bisa jadi akan sampai ke tangan produsen dalam negeri untuk dijual pada kita. Cobalah mencuci peralatan dapur secara manual dengan tangan.
  • Mengkondisikan pemakaian Lemari Es, Walaupun ailovrends telah memiliki kulkas berlabel energy-efficient, tetap saja sesekali kita dapat memboroskan energi jika tidak menggunakannya dengan tepat. Satu kesalahan umum dilakukan adalah menyetel temperatur terlalu rendah. Dan satu cara mengakali lemari es untuk menjaga kestabilan suhu adalah menggunakan kaca. Kaca akan menjadi tameng insulasi yang menjaga makanan dan minuman tetap dingin
Selain beragam tindakan peduli lingkungan atau disebut Go Green seperti diatas, cobalah terus mengubah persepsi ailovrends dalam mendukung kata Go Green, sebab ini akan menjadi awal contoh yang baik sebagai penerus bangsa – Agent of Change- juga bagi calon anak cucu kita nanti.

Sekian dulu artikel dodoy mengenai Go Green Level – Tahapan Hidup Ramah Lingkungan. Semoga ini akan bermanfaat bagi ailovrends semua, khususnya bagi teman-teman dodoy yang ada di Bridge English Club agar lebih mengeksplorasi pembicaraan nanti dalam diskusinya minggu depan. ^_^

Salam hangat,

Dodoydoni.
Enhanced by Zemanta

Senin, Maret 25, 2013

Polusi Lalu Lintas Jalan terhadap Asma Anak


Sebuah studi yang baru telah menemukan hubungan antara tingkat asma masa kecil dan polusi dari lalu lintas. Studi terakhir telah terbit di Jurnal European Respiratory, yang meneliti tentang level asma di 10 kota di Eropa dan menemukan bahwa orang yang hidup di dekat 
Lingkungan jalan lalu lintas tinggi akan mengalami 14 persen dari keseluruhan kasus asma.

Jumat, Maret 22, 2013

Cara Mencari Jurnal - Jurnal


Source image : Republika.co.id
Ailovrends, Tadi siang dodoy menemani salah satu teman yang mencari jurnal di pustaka kampus. Agak kurang memang bila seorang mahasiswa atau para akademisi lainnya hanya bisa mencari jurnal-jurnal melalui satu sumber saja. Kasihan ya. (-_-)

Jurnal Teknik Sipil saat ini merupakan sebuah keharusan para akedemisi di Bidang Teknik Sipil untuk membuatnya. karena disamping untuk menambah pengetahuannya, membuat Jurnal juga bisa menunjukan kapasitasnya sebagai peneliti dengan demikian ada nilai tambah dari segi Poin sertifikasi.

Senin, Maret 18, 2013

JUAL TANAH DI KOTA BANDA ACEH


LAY-OUT LOKASI TANAH

Mau bangun Rumah, Toko, atau Usaha?. Butuh Tanah yang memiliki akses yang fleksibel.

Terdapat 2 Lokasi Lahan Kosong yang Dijual di daerah perkotaan Banda Aceh, harga dapat di negosiasi, dan dapat dilihat dulu lokasinya dengan petunjuk dari gambar layout tanah dibawah atau langsung bisa menghubungi contact personal ke 0821-6000-0918 a/n Doni.

 1.      HARGA TANAH LOKASI 1 : Rp. 700.000 /Meter²
  • Tipe Properti :  Lahan Kosong
  • Luas Tanah   : ±  1.500 meter²
 2.      HARGA TANAH LOKASI 2 : Rp. 1.200.000 /Meter²
  • Tipe Properti :  Lahan Kosong
  • Luas Tanah   :  ±  700 meter²

3.    LOKASI :

  • Jalan Meulagu 4 Tibang, Banda Aceh.
  • Jalan Rawa sakti barat Lr. VII Perumnas Jeulingke, Banda Aceh.

4.    KETERANGAN : Lokasi Mudah dijangkau. 
  • Lokasi Tanah 1 Berada disamping Ruang Terbuka Hijau Hutan Kota Banda Aceh
  • Lokasi Tanah 2 Berada Dijalan Rawa sakti Lorong VII, Perumnas Jeulingke Dibelakang Mesjid Al-Wustha

5.  AKSES TERDEKAT :

Jembatan Keurucut, Simpang Mesra, Perumnas Jeulingke, Universitas U’budiyah, Universitas Syiah Kuala, AMIKI, Ke Pusat Kota 15 Menit, Ke Kantor Gubernur 5 Menit, Dan ke Daerah Lainnya.

Photo Udara Lokasi Tanah 1 :

Foto Lokasi 1 Berdekatan dengan Hutan Kota BNI
Arah menuju lokasi melewati Simpang Mesra

Photo Udara Lokasi Tanah 2 :

Lokasi 2 Berada dibelakang Mesjid Al-Wustha Perumnas Jeulingke

Segera Hubungi :

Personal Information  :  Doni Daroy (0821-6000-0918)
Jenis                                :  Perorangan
Enhanced by Zemanta

Minggu, Maret 17, 2013

Mengikuti Pelatihan Public Speaking pertama


Panas bertemu Hujan, sebuah peristiwa yang sudah lazim di Kota Banda Aceh. Kegerahan pada hari itu membuat kesehatan dodoy semakin memburuk. Demam, pilek, kedinginan bercampur aduk disertai kepala pusing. Tapi, hal-hal itu tidak menahan semangat dodoy untuk bertemu dalam sebuah peristiwa baru di Kota ini.

Public Speaking Training. Sebuah event yang pertama kali diadakan di Kota ini. Dilingkungan Universitas Syiah Kuala dodoy berada di lingkungan Gedung PPLISB dan sekumpulan orang yang sadar akan pentingnya memiliki skill berbicara didepan umum (Public Speaker) . Materi dalam acara ini dibawakan oleh Pak Saifuddin BantaSyam. Beliau adalah Salah satu Dosen yang berkontribusi besar di beberapa Fakultas Unsyiah dan Program Perkembangan Provinsi Aceh.

Dinginnya ruangan di ruang seminar ICAIOS menjadikan dodoy seperti kutu yang menggigil. Sepertinya angin bergumpul dalam perut dodoy (>_<). Sebab kondisi memang dalam keadaan sakit sebelum acara. Peserta lain ternyata tidak mengalami hal yang sama, mereka tampak sungguh enjoy berada di ruangan yang dingin ini.

Sesekali dodoy melihat terkagum-kagum pada peserta yang lain yang masih muda, mereka rata-rata jauh dibawah umur dodoy. Mereka kebanyakan mahasiswa yang masih berkuliah di semester awal. Dan salut rasanya melihat mereka telah sadar ingin berkembang secepat ini di usianya. Namun ada beberapa peserta yang tidak jauh beda umurnya dengan dodoy, bahkan ada seseorang yang telah lama bergelut di bidang LSM di Aceh.

Dodoy contohkan kekaguman itu pada salah satu peserta, seorang perempuan bernama Kiki, ia mampu berbicara didepan kami dengan sangat percaya diri. Story telling, begitulah cara nya Kiki berbicara didepan peserta yang lain seperti layaknya mendongeng saja. Dan banyak kekaguman dodoy pada peserta lain yang tidak mampu disebutkan satu-persatu. 

Siang pun tiba. Beberapa kali kami melakukan sesi break untuk menyantap kue. Peserta training event juga diberikan Makanan siang yang cukup sempurna dalam gizi. (^_^)

Dodoy melihat suasana santai dan kadang meriah di beberapa sesi training. Oleh sebab panasnya matahari tidak masuk dalam ruangan yang dingin. Keharmonisan yang dirasakan peserta muncul dari pemateri yang baik. Ya, Beliau, Pak Saifuddin benar-benar bertalenta sekali dalam mengelola dirinya sebagai Pemateri, Host, presenter, dan juga Public Speaker.

Pak Saifuddin Banta Syam (Pemateri Training)
Dia, dengan tenang dengan pengalamannya yang tinggi dan dapat menggugah minat juga motivasi seluruh peserta termasuk dodoy untuk menjadi Public Speaker yang baik.

Semoga Event training ini dapat menjadi awal dari perkembangan pradigma dan mindset baru bagi kalangan masyarak kita di Kota Banda Aceh, Khusus juga bagi masyarakat yang diharuskan mampu berbicara didepan umum, seperti Broadcaster, Presenter, Mahasiswa, Calon pegawai, Kader partai politik, Penceramah, Dan lain sebagainya.

Sebab akibat akan datang di Masa depan. Saat para pembicara didepan umum baru menyadari dan merasa telat tertinggal oleh kemampuannya yang masih kurang. Dan telat mencari wadah seperti pelatihan ini.

Salam hangat,
Dodoydoni
Peserta Gelombang I Pelatihan


Enhanced by Zemanta

Prospek Calon Sarjana Teknik Sipil


Ailovrends pernah membaca tulisan dodoy tentang Pilihan Dunia Kerja bagi Calon Sarjana Teknik. Atau juga bagi ailovrends yang ingin mengetahui tips mencari kerja sambil kuliah dapat melihat tulisan dodoy Bekerja sambil Kuliah.

Ailovrends, dodoy ingin menambah postingan tentang prospek kerja sarjana teknik sipil, selain dapat menambah minat dan keseriusan ailovrends sebagai mahasiswa teknik juga dapat membantu ailovrends untuk memilah bidang yang nantinya akan menjadi keharusan di semester 7 atau semester 8.

Kamis, Maret 14, 2013

Sistem Lampu Lalu Lintas Dinamis


Dengan jumlah perjalanan dengan kendaraan yang mencapai 29 juta di tahun 2010, pergerakan kendaraan di Jakarta termasuk dalam katagori tinggi. Kondisi  pergerakan yang tinggi dan ditambah penanganan transportasi umum yang kurang tepat menimbulkan tingkat kepadatan yang tinggi di Jakarta.
Pemerintah telah melakukan berbagai usaha untuk mengurangi kepadatan lalulintas seperti misalnya penerapan kebijakan Three in One pada jalan-jalan yang padat untuk membatasi kendaraan yang bisa melintasi jalan-jalan tersebut, park and ride, dan pengoperasian KRL commuter Jabodetabek danTransjakarta Busway

Selasa, Maret 12, 2013

Intelligent Traffic System (ITS)

Intelligent Transportasi System (ITS) atau dalam bahasa harfiah sistem transportasi pintar menerapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk transportasi. Komputer, elektronik, satelit dan sistem sensor memainkan peran utama di dalam sistem transportasi ini. Inovasi utama nya adalah menyatukan sistem transportasi yang sudah ada menjadi lebih terintegrasi dan terpadu untuk dapat menciptakan suatu pelayanan yang baru.

Selasa, Maret 05, 2013

10 Tips Meningkatkan Kinerja Otak

Memori Ailovrends mungkin terasa normal bila mengingat hal-hal yang menyenangkan. Apakah itu hal-hal positif maupun negatif. Namun bagi dodoy, mengingat hal-hal yang kita benci mungkin sangat susah apalagi itu adalah yang berbau dengan rumus atau angka. Apakah ailovrends merasa hal seperti  itu? Baca dulu tentang Post dodoy yang lama tentang Sistem Pembelajaran Anak Indonesia

Namun sebenarnya banyak cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kinerja memory kita ibarat sebuah laptop yang masih menggunakan centrino dapat di olah menjadi core 2 duo. (^_^) (Sebelum Membaca Lebih Lanjut dodoy informasikan tulisan ini dodoy translate dari versi aslinya B. Inggris. Bila ingin lihat Versi Aslinya Klik Disini!! )

Bagaimanapun cara-cara yang akan dodoy tulis ini bisa sukses bila ailovrends serius dan berusaha untuk mencoba setiap step-step yang diberikan oleh Ahli peningkatan Kinerja Otak seperti berikut :

Minggu, Maret 03, 2013

Mengenal Software Teknik Sipil - Soft-skill

Sebagai Seorang Sarjana Teknik Sipil, Ailovrends akan dianggap berkapasitas bila mampu bekerja secara Soft Skill atau bekerja yang dibarengi dengan adanya Software Teknik.

Software Teknik Sipil yang tersedia saat ini itu berdasarkan jenis pekerjaan apa yang ailovrends buat. dan berdasarkan Perkembangan Teknologi saat ini banyak para programer yang sudah menciptakan Software Teknik Sipil  berdasarkan Jenis Pekerjaan Sipil yang ada. Baik untuk Pekerjaan Teknik Sipil di Bidang Struktur, Pekerjaan Teknik Sipil di Bidang Transportasi, dan dibidang-bidang yang lainnya.

Jumat, Maret 01, 2013

Tips Ringan Mengatasi Masalah Rumah


Walaupun jaman sekarang jasa tukang sudah sangat produktif untuk dipakai dalam berbagai masalah dalam merawat rumah, Ailovrends terkadang juga harus bisa mengatasi hal-hal yang kecil-kecil agar lebih menghemat pengeluaran. Apalagi seorang calon sarjana teknik atau sebagai anak yang berbakti pada keluarga yang mampu menjadi anak yang mandiri. (^_^)

Dulunya dodoy juga sering jumpa dengan banyak kendala yang sebenarnya bisa diatasi tanpa perlu tenaga atau jasa orang lain. Berikut ini dodoy tulis beberapa tips untuk ailovrends selain menghemat biaya pengeluaran tiap bulannya juga lebih fleksibel dan lebih gentle menjadi priibadi yang mandiri.

  • Mengatasi Bekas Bobokan di Dinding Dinding yang sudah diplester dan dicat terkadang harus dibobok untuk keperluan mendadak, misalnya instalasi listrik dan pemasangan AC. Akibatnya dinding pun terlihat bergelombang. Ada cara praktis untuk mengatasinya. Pertama-tama tutuplah dinding yang dibobok dengan acian. Setelah mengering, acian diamplas hingga halus dan rata, kemudian dicat menggunakan cat besi atau cat kayu warna putih. Setelah kering, cat dengan cat tembok dengan warna cat yang sama sebanyak 2-3 kali.
Wall
Wall (Photo credit: Ice Foxx)

  • Mengatasi Dinding Kamar Mandi LembabSering sekali dinding kamar mandi lembap sehingga tembus ke bagian luar kamar mandi. Kualitas adukan atau spesi penyusun dinding yang jelek bisa jadi penyebabnya. Lapisan spesi yang kedap air merupakan campuran semen dan pasir dengan perbandingan 1 : 2. Lapisi dinding kamar mandi Anda dengan bahan kedap air, misalnya keramik sampai ketinggian minimal 1,6 m.

Badezimmer der 1970er Jahre in einem Hotel in ...

  • Membersihkan Dinding Dapur Dinding dapur yang memakai dinding keramik dan berada di belakang peralatan masak sering terkena noda masakan dan minyak goreng sehingga kadang sulit dibersihkan. Untuk membuat menjadi bersih kembali, oles dinding keramik tersebut dengan sabun cuci piring. Kemudian dilap dengan kain lap biasa. Selamat mencoba!
  • Tips Membersihkan Dinding ISelain digunakan sebagai bahan makanan, ternyata tepung maizena (tepung jagung) masih menyimpan manfaat lain, salah satunya sebagai bahan campuran pembersih dinding. Pertama-tama, campurkan 60 g tepung maizena, 125ml cuka, dan 4 liter air. Dengan bantuan spons, bersihkan dinding atau wallpaper menggunakan campuran bahan-bahan di atas. Setelah dinding terbebas dari noda, bilas sisa larutan dengan kain basah yang lembut. Kini, dinding pun tampak bersih kembali.
  • Tips Membersihkan Dinding IIMemiliki anak-anak yang gemar menggambar memang tidak merugikan. Namun, lain ceritanya jika dinding atau tembok rumah menjadi kanvas mereka. Untuk menghilangkan noda krayon pada tembok atau dinding, semprotkan cairan penetran yang banyak dijual di pasaran (WD 40, Philip, atau lainnya) ke selembar kain bersih. Setelah itu, bersihkan noda krayon dengan menggunakan kain yang sudah dibasahi cairan penetran tersebut. Untuk membersihkan sisa cairan penetran, bilas tembok dengan menggunakan kain basah hingga bersih. Selamat mencoba.

    Frankfurt/M., Germany: The AIDS Memorial Verle...

  • Tips Memaku DindingMemaku dinding untuk meletakkan lukisan, pigura, atau jam dinding biasanya akan membuat dinding menjadi retak. Apalagi jika dinding terbuat dari batako. Ada cara yang lebih efektif untuk melakukannya agar dinding tetap mulus. Caranya, ambil selotip dan tempelkan ke dinding, kemudian paku dipakukan ke dinding di atas selotip tadi. Dijamin dinding tidak akan retak karena selotip berfungsi sebagai penahan gelombang getaran


Semoga tips nya bermanfaat bagi ailovrends, silahkan beri komentar jika ailovrends punya tips yang lain untuk menambah wawasan bagi yang lain. Terima Kasih.


Enhanced by Zemanta