Minggu, Maret 17, 2013


Panas bertemu Hujan, sebuah peristiwa yang sudah lazim di Kota Banda Aceh. Kegerahan pada hari itu membuat kesehatan dodoy semakin memburuk. Demam, pilek, kedinginan bercampur aduk disertai kepala pusing. Tapi, hal-hal itu tidak menahan semangat dodoy untuk bertemu dalam sebuah peristiwa baru di Kota ini.

Public Speaking Training. Sebuah event yang pertama kali diadakan di Kota ini. Dilingkungan Universitas Syiah Kuala dodoy berada di lingkungan Gedung PPLISB dan sekumpulan orang yang sadar akan pentingnya memiliki skill berbicara didepan umum (Public Speaker) . Materi dalam acara ini dibawakan oleh Pak Saifuddin BantaSyam. Beliau adalah Salah satu Dosen yang berkontribusi besar di beberapa Fakultas Unsyiah dan Program Perkembangan Provinsi Aceh.

Dinginnya ruangan di ruang seminar ICAIOS menjadikan dodoy seperti kutu yang menggigil. Sepertinya angin bergumpul dalam perut dodoy (>_<). Sebab kondisi memang dalam keadaan sakit sebelum acara. Peserta lain ternyata tidak mengalami hal yang sama, mereka tampak sungguh enjoy berada di ruangan yang dingin ini.

Sesekali dodoy melihat terkagum-kagum pada peserta yang lain yang masih muda, mereka rata-rata jauh dibawah umur dodoy. Mereka kebanyakan mahasiswa yang masih berkuliah di semester awal. Dan salut rasanya melihat mereka telah sadar ingin berkembang secepat ini di usianya. Namun ada beberapa peserta yang tidak jauh beda umurnya dengan dodoy, bahkan ada seseorang yang telah lama bergelut di bidang LSM di Aceh.

Dodoy contohkan kekaguman itu pada salah satu peserta, seorang perempuan bernama Kiki, ia mampu berbicara didepan kami dengan sangat percaya diri. Story telling, begitulah cara nya Kiki berbicara didepan peserta yang lain seperti layaknya mendongeng saja. Dan banyak kekaguman dodoy pada peserta lain yang tidak mampu disebutkan satu-persatu. 

Siang pun tiba. Beberapa kali kami melakukan sesi break untuk menyantap kue. Peserta training event juga diberikan Makanan siang yang cukup sempurna dalam gizi. (^_^)

Dodoy melihat suasana santai dan kadang meriah di beberapa sesi training. Oleh sebab panasnya matahari tidak masuk dalam ruangan yang dingin. Keharmonisan yang dirasakan peserta muncul dari pemateri yang baik. Ya, Beliau, Pak Saifuddin benar-benar bertalenta sekali dalam mengelola dirinya sebagai Pemateri, Host, presenter, dan juga Public Speaker.

Pak Saifuddin Banta Syam (Pemateri Training)
Dia, dengan tenang dengan pengalamannya yang tinggi dan dapat menggugah minat juga motivasi seluruh peserta termasuk dodoy untuk menjadi Public Speaker yang baik.

Semoga Event training ini dapat menjadi awal dari perkembangan pradigma dan mindset baru bagi kalangan masyarak kita di Kota Banda Aceh, Khusus juga bagi masyarakat yang diharuskan mampu berbicara didepan umum, seperti Broadcaster, Presenter, Mahasiswa, Calon pegawai, Kader partai politik, Penceramah, Dan lain sebagainya.

Sebab akibat akan datang di Masa depan. Saat para pembicara didepan umum baru menyadari dan merasa telat tertinggal oleh kemampuannya yang masih kurang. Dan telat mencari wadah seperti pelatihan ini.

Salam hangat,
Dodoydoni
Peserta Gelombang I Pelatihan


Enhanced by Zemanta

4 komentar:

Annisa Bestari Djarens mengatakan...

Mohon info nya yaa bg untuk gelombang selanjutnya atau event public speaking berikutnya.
Saya kuliah di unsyiah juga dan sedang mencari-cari pelatihan/seminar public speaking.

Info ke no ini yaa bg 085762159059

terima kasih sebelumnya.

Unknown mengatakan...

baik nissa.. saya catat nomor nya.. nanti dodoy hubungi bila beliau - Pak Saifuddin- yang biasanya selalu mengabari bila ada event ke dodoy. Terima kasih

Unknown mengatakan...

saya ryan msh unsyiah jg, mohon infonya mas klo ada pelatihan public speaking selanjutnya .
email sy:
tryanfach@gmail.com

terimakasih

Unknown mengatakan...

baik ryan.. kita tunggu Progress Institute mengabarkan info pelatihannya ke saya.. biasaya sebulan 2 sekali.. bulan oktober sudah selesai..