BERBAGI CERITA GAYA HIDUP SARJANA TEKNIK DAN ILMU CIVIL ENGINEERING

Jumat, April 12, 2013

Pemilihan Rute Jaringan Lalu Lintas



  • Pemilhan rute adalah merupakan tahapan dari bangkitan perjalanan, dari suatu zona asal ke zona tujuan.
  • sebaran perjalanan dari dan keberbagai zona
  • pilihan moda,yang digunakan menuju zona tujuan
  • pilihan rute adalah arus perjalanan yang melalui rute-rute tertentu yang menghubungkan zona asal ke zona tujuan yaitu dari perjalanan zona asal i ke zona tujuan j




Sebelum dilakukan analisis pemilihan
 rute input data yang harus tersedia antara lain 
  1. data jarak, kapasitas jalan, waktu tempuh, biaya perjalanan tiap ruas jalan yang menghubungkan zona asal i ke zona tujuan j
  2. sebaran perjalan antar zona ( matriks asal & tujuan dalam bentuk perjalanan /smp)
Tujuan
  • Tujuan dan penggunaan pembebanan lalu lintas, untuk mendapatkan gambaran karakteristik system transportasi akibat adanya pergerakan kenderaan
  • Untuk mengestimasi volume lalu lintas pada ruas didalam jaringan/persimpangan
  • Menentukan rute yang diunakan antara pasangan O-D
  • Untuk memperoleh biaya estimasi perjalanan
Kegunaan untuk mempermudah :
  • Pengujian kekurangan pada sistem transportasi yan ada
  • Evaluasi dampak perbaikan pada sistem yang ada
  • Penentuan skala prioritas pembangunan
  • Pengujian jaringan usulan sistem transportasi
Sebelum dilakukan analisis pemilihan rute input data yang harus tersedia antara lain adalah sbb. 
  • Data jarak, kapasitas jalan, waktu tempuh, biaya perjalanan tiap ruas jalan yang menghubungkan zona asal i ke zona tujuan j
  • Sebaran perjalan antar zona ( matriks asal & tujuan dalam bentuk perjalanan /smp)
  • Variabel yang mempengaruhi pelaku perjalanan
  • Variabel yang terukur (kuantitatif), waktu tempuh, jarak tempuh, biaya perjalanan (ongkos/bahan bakar)
  • Varibel tak terukur (kualitatif), pemandangan alam, aman dan nyaman , kebiasaan, rute yang salah,
Dalam analisis variabel pilihanrute terdapat 4 bagian analisis yang harus dilakukan yaitu:
  • Analisis alasan pelaku perjalanan memilih suatu rute dibanding rute lainnya.
  • Analisis pengembangan model, pemakai jalan memilih rute tertentu
  • Kemungkinan pemakai jalan berbeda persepsi mengenai rute terbaik
  • Analisis kemacetan (V/C ratio analysis), yang membatasi jumlah arus lalu lintas diruas jalan tertentu.
Tujuan dan penggunaan pembebanan lalu lintas,
  • Untuk mendapatkan gambaran karakteristik sistem transportasi akibat adanya pergerakan kendaraan
  • Untuk mengestimasi volume lalu lintas pada ruas didalam jaringan/persimpangan
  • Menentukan rute yang diunakan antara pasangan O-D
  • Untuk memperoleh biaya estimasi perjalanan
Struktur Jaringan Model jaringan jalan umumnya memiliki dua sub kumpulan simpul Centroid, yang mempersentasikan suatu titik didalam suatu zona sebagai titik awal dan titik akhir perjalanan, biasanya hanya terdapat satu buah dalam satu zona. Persimpangan,/Simpul (Node) biasanya adalah perpotongan dua penggal jalan atau pada titik perubahan fisik dari jalan (mis.penambahan/pengurangan jumlah lajur.

JARINGAN JALAN

Jalan adalah jalan yg sesuai dg nama jalan yg kita kenal dapat atau paling tidak punya potensi dilalui lalu lintas lebar antara bangunan-bangunan permanen > 3 m melayani kepentingan umum

Simpul merupakan Suatu titik dari suatu jaringan jalan yang timbul akibat adanya persimpangan, perubahan nama jalan, perubahan geometrik (undivided  devided), Batas Wilayah Adm. Kota

Ruas Merupakan Suatu garis tak terputus pada jalan yang menghubungkan dua simpul yang berdekatan
Ruas Mikro merupakan jalur (carriegway) pada suatu ruas jalan

ILUSTRASI JARINGAN JALAN KOTA



Zona

Zona, adalah wilayah/ sektor daerah studi, ukuran zona dipengaruhi oleh tahap pengumpulan data dan persyaratan yang diminta pada tahap pembebanan lalu lintas. Zona harus cukup memadai untuk menjamin bahwa data yang dikumpulkan dapat memberikan prakiraan bangkitan perjalanan yang handal dan harus sehomogen mungkin ditinjau dari sis tata guna lahan


Sumber :kampuzsipil.blogspot.com

Rabu, April 03, 2013

Mengenal Konsep Rumah Hijau Hemat Energi


Green House 1
Green House 1 (Photo credit: Hammer51012)
Ailovrends,

Bangunan yang baik tidak bisa terwujud tanpa perencanaan yang baik pula. Dalam dunia konstruksi, perencanaan memegang peranan penting untuk kenyamanan para penghuninya. Bagi kita yang tinggal di negara tropis, yang terpenting adalah bagaimana desain sebuah hunian memiliki kemampuan berkompromi dengan iklim setempat, khususnya masalah panas, angin dan kelembaban.

Selain itu penekanan bangunan pada aspek ekologi membuat hunian menjadi lebih ramah lingkungan. Beberapa prinsip desain rumah hijau hemat energi yang harus diperhatikan adalah:



1. Mempertimbangkan iklim tropis (arah matahari dan angin)
  • Pemanfaatan sinar matahari
Cahaya matahari yang melimpah di daerah tropis seharusnya dapat dimanfaatkan secara maksimal melalui bukaan-bukaan (jendela atau sejenisnya). Bangunan yg didesain harus diberi jarak dengan area sekelilingnya agar cahaya bisa masuk dari segala arah. Pemanfaatan sinar matahari yang baik bisa meminimalkan pemakaian listrik yang berlebihan.
  • Mempertimbagkan faktor angin (sirkulasi udara).
Selain penggunaan bukaan yang maksimal untuk mendapatkan pencahayaan yang baik, bukaan juga mempengaruhi penghawaan alami bagi ruang-ruang dalam rumah. Sehingga penggunaan penyejuk ruangan (AC) tidak diperlukan sama sekali dan itu artinya penghematan energi dapat terpenuhi. Karena itu sistem ventilasi silang (cross ventilation) yang menempatkan bukaan saling berhadap-hadapan mampu mengalirkan udara dalam ruang secara maksimal.

2. Faktor Ekologis

Menyediakan lahan di sekitar rumah untuk sistem biopori, hal ini berkaitan dengan ketersedian air tanah di saat musim kemarau. Jika memungkinkan, buatlah sumur resapan di sekitar halaman. Ini merupakan usaha jangka panjang dalam hal konservasi air. Taman atau penempatan tanaman di sekeliling bangunan, keuntungannya adalah memungkinkan ketersediaan pasokan oksigen bagi penghuni dan lingkungan sekitar.
Keberadaan vegetasi/pepohonan di sekitar bangunan juga mampu memberi kesejukan. Bayangan yang dihasilkan sebuah pohon sedikit banyak mampu mengurangi suhu panas dalam rumah. Rumah harus memiliki bak pengolahan sampah organik. Minimal memiliki tempat sampah yang terpisah antara sampah organik dan anorganik.

3. Selain Panas, Kelembaban juga merupakan masalah di negara beriklim tropis.

Solusinya adalah: Tidak semua dinding rumah perlu diplester. Beberapa bagian dinding rumah seharusnya meneraakan bata ekspose untuk mengurangi kelembaban. Fisik bangunan dibiarkan terekspose oleh material dasar seperti batu bata atau dinding aci tanpa, kalaupun ada bagian dinding yang harus dicat hanya bagian tertentu saja sebagai point of interest bangunan. Selain memberi solusi kelembaban juga untuk meminimalkan biaya.

4. Dalam perencanaan bangunan gunakan lahan sesedikit mungkin.

Artinya semakin luas lahan yang dipakai untuk mendirikan bangunan semakin kecil kemampuan tanah untuk menyerap air. Hal ini dapat menyebabkan berkurangnya persediaan air tanah dan beresiko banjir. Desain rumah panggung tradisional indonesia adalah salah satu bukti bahwa leluhur kita lebih bijak beradaptasi dengan alam dan lingkungannya.

5. Terakhir yang tidak kalah penting adalah sikap dan tindakan manusia.

Setiap orang berkomitmen untuk menggunakan air seperlunya. Lebih memilih memakai shower (pancuran) daripada bathtub. Begitu juga dengan pemilihan kloset yang memakai teknologi dual flush sehingga air yg dipakai untuk menyiram kotoran pas.
Selain itu, tindakan bijak lainnya yg dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan air bekas bilas pakaian untuk menyiram tanaman(sebelumnya pastikan air tersebut tidak mengandung detergen yang keras) atau membilas kloset.
Jika prinsip-prinsip dan tindakan ini Ailovrends terapkan maka rumah ailovrends layak disebut sebagai rumah hijau hemat energi. Dengan mengoptimalkan desain yang ramah lingkungan ke dalam hunian, kita tidak hanya mewujudkan kenyamanan bagi penghuninya namun juga turut andil dalam usaha menjaga bumi beserta isinya.

Sumber : Atjeh Post.


Enhanced by Zemanta

10 Situs Blog Green World - Ramah Lingkungan

Ailovrends, Bukalah mata anda dengan sedikit pandangan atas pentingnya mengetahui ilmu-ilmu penghijauan, sebagai pengembangan visi misi kita peduli lingkungan dari beberapa sector. Beruntunglah masih banyak teman-teman blog dari luar sana yang memiliki pengetahuan umum yang dapat dibagikan kepada kita mengenai misi green - peduli ramah lingkungan-. 

Dodoy kali ini mau memaparkan 10 Top ranked green technology blogs 2013 berdasarkan sumber Situs Green Jobs. Ailovrends perlu membaca agar tidak ketinggalan dan ikut peduli akan pentingnya menjaga lingkungan serta peluang besar dari sebuah prospek kedepan yang berkaitan dengan lingkungan. Situ-situsnya adalah :
  1. Huffington Post: Situs ini memiliki fitu yang  extreme pada keseluruhan blog yang terdaftar di google. Blog ini menmaparkan topik-topik tentang green energy, perubahan iklim, dan teknologi. Apakah ailovrends tahu ada seorang profesor yang telah merubah banyak mobil dengan sistem hybrid?. Cobalah membukanya.
  2. TreeHugger: Situs teknologi green ini dimulai pada awal tahun 2004. Telah berkembang pesat menjadi salah satu blog green di website dunia. Situs ini memaparkan bisnis green, lowongan pekerjaan, dan teknologi. Semua di perbaharui sesua perkembangan dunia.
  3. The Daily Green: Situs yang menjadi langganan Dodoy ini juga masuk kedalam 10 blog terbesar dari Green. dengan perkembangannya yang pesat di tahun 2007, ailovrends dapat mengakses beberapa artikel yang berkaitan dengan Green. juga lowongan pekerjaan. Industry dan beberapa perusahaan lainnya.
  4. Environmental Graffiti : Muncul di awal tahun 2007, situs teknologi Green ini sudah sempurna untuk kita nikmati. Belajar dari informasi terkini seputar dunia gren. Dari aspect ekonomi, tata kota, dan lainnya. Situs ini juga memaparkan tentang green transportasi yang canggih di negara luar.
  5. EcoGeek : Dengan tema "Brains For The Earth". Situs ini perfect untuk memperoleh informasi green technology. Fokus pada area gadget baru.
  6. Grist : dikenal dengan "Beacon in the smog" Blog ini juga sangat solid dengan aspek jurnalistik. Dalam range topik greend dan relevan sejak tahun 1999.
  7. Ecofried: Sejak dari dulu, mereka telah sangat antusian untuk menjadi blog greend. Mereka menyanjung topik dalam beragam aspek, Geothermal energy, green gadget, biofuels, dan berita berita lainnya.
  8. World Changing: Blog green ini memperbesarkan pengetahuan ailovrends akan keberlangsungannya setiap usaha-usaha penghijauan. Dibarengi dengan permasalah politik didalamnya.
  9. Triple Pundit : Blog ini fokus pada tiga "P" dari bisnis green; Profit (Keuntungan), People (Orang), dan Planet (Bumi). Secara dalam blog ini membahas permasalahan konflik green didalamnya.
  10. U.S Green Technology : Blog ini juga salah satu langganan dodoy. Awal tahun 2009 mereka telah memaparkan banyak informasi tentang Green dan bagaimana mencari pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan denga Lingkungan.

10 situs diatas merupakan situs yang telah diakui dunia. Mereka telah memperoleh banyak penghargaan tentang dukungan kata Go Green. Jika ailovrends ingin mengetahui ilmu yang ramah lingkungan silahkan berkunjung saja. Situs di Indonesia juga ada yang telah mendukung kata Go green. coba lihat di sisi bawah blog ini "Situs Ramah Energi Lainnya".

Enhanced by Zemanta