BERBAGI CERITA GAYA HIDUP SARJANA TEKNIK DAN ILMU CIVIL ENGINEERING

Jumat, November 15, 2013

Masa Depan Green Road Indonesia


Sesungguhnya pada saat ini, seandainya manusia memiliki lebih dari satu planet untuk ditempati, maka mereka telah lama meninggalkan bumi.

Bagaimana sebuah inovasi mengantarkan negara ini menuju masa depan yang berkelanjutan? Apa yang akan kita lakukan pada instrumen pembangunan atau peningkatan jalan agar lebih ramah lingkungan (Green Road)? Pertanyaan yang krusial untuk dijawab oleh beberapa kalangan di Indonesia.

Pada tahun 2010, Presiden pada kabinet Indonesia menyerukan pertumbuhan ekonomi yang disertai pemerataan (Growth with Equity) dengan 10 arahan, salah satunya green economy. Dalam mendukung aktifitas tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum, Pusat Litbang Jalan dan Jembatan (Pusjatan) pada tanggal 22 November 2012 menyelenggarakan workshop bertema Penerapan Green Road di Indonesia dengan tujuan penerapan road map, konsep dan lembaga perencanaan.

Paradigma pembangunan sudah seharusnya disusun untuk membuat perubahan besar. Perubahan menghadapi inovasi teknologi jalan hijau yang ramah lingkungan. Selama ini, dampak yang terjadi dari aktifitas konstruksi cukup mengernyitkan dahi, seperti mengubah kondisi dan fungsi alam, konsumsi sumber daya alam tak terbarukan dalam jumlah besar, dan menghasilkan polusi serta limbah.

Reduce – Reuse - Recycle

Penggerukan material lama : Sumber

Menghadapi tantangan di atas, Pusat litbang Jalan dan Jembatan telah menerapkan ciri Green Road yang berupa teknologi-teknologi dengan menggunakan reduce, reuse dan recycle. Penanganan dengan teknologi ini merupakan suatu alternatif untuk mengatasi permasalahan menipisnya sumber daya alam, juga memiliki beberapa keuntungan seperti dapat mengembalikan kekuatan perkerasan, mempertahankan geometrik jalan serta mengatasi ketergantungan akan material baru.

Tempat Pencampur AMP : Sumber
Secara lebih spesifik, Pada pelaksanaan metode reduce, reuse dan recycling, teknologi daur ulang perkerasan jalan ini memiliki 2 teknik, yaitu daur ulang pelaksanaan di lapangan (in place) dan di tempat pencampur (in plant). Proses daur ulang di lapangan lebih efisien dikarenakan pada tahap penggarukan, pembentukan dan pemadatan, langsung dilaksanan di tempat. Sedangkan pada proses daur ulang di tempat pencampur, hasil dari penggarukan terlebih dahulu dibawa ke alat pencampur untuk diperbaiki kualitas dan kuantitasnya.


Project management

Penerapan Green Road dapat menciptakan nilai dari beberapa aspek berkelanjutan, yaitu aspek lingkungan, sosial dan peningkatan ekonomi. Bagaimanapun, kesuksesan dari sebuah perencanaan yang baik adalah dengan melakukan penerapan manajemen yang sesuai. Produk Puslitbang yang berinovasi menerapkan sistem manajemen kontrol kinerja lapangan adalah RCMS (Road Remote Censing Monitoring).

Produk yang sedang dalam tahap pengerjaan ini merupakan perangkat lunak yang menyempurnakan metode kurva “S” dalam manajemen proyek. Dari kurva dan diagram yang dihasilkan oleh RCMS, akan terlihat kecepatan dan keterlambatan progress, kendala, movement detection, baik atau tidak jalannya suatu pekerjaan konstruksi jalan.

Pembangunan konstruksi jalan : Sumber

Intelligent Transportation System

Teknologi sekarang sudah bukan barang asing lagi. Peran teknologi kini telah menutupi segala keterbatasan manusia, menantang masa depan. Masyarakat Indonesia sendiri, dewasa ini, terus menjumpai benang kusut di berbagai aktifitas sehari-hari, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta. Kemacetan, banjir dan polusi seakan menghantui seiring berjalannya pergantian waku. Sudah saatnya sebuah inovasi dapat menghapus dilema tersebut, sehingga masyarakat lebih fokus dan lapang melakukan kegiatan tanpa rasa takut seperti dulu.

Puslitbang Jalan dan Jembatan tidak pernah berhenti menggebrak inovasi baru, RCMS salah satunya. Selain itu, Inteligent Transportation System, atau di singkat ITS kini sedang gencar diteliti oeh Pusjatan untuk mengatasi masalah yang selama ini menghantui. Model sistem ITS tersebut akan memiliki konsep yang sesuai dengan kondisi sistem jaringan di Indonesia, yaitu jalan nasional, jalan provinsi, dan jalan kota.

Produk unggulan Pusjatan yang mencapai skala teknologi level tinggi ini memiliki inteligensi yang lebih luas, seperti intelligent vehicle, intelligent infrastructure, intelligent commuter, intelligent cargo, dan intelligent information. Namun, yang pertama kali akan digarap oleh Pusjatan adalah intelligent information. Prototipe dan kriteria desain telah dipersiapkan. Teknologi ini berfungsi mengoleksi data cencor device (speed, volume, CCTV, etc) pada lalu lintas jalan dengan menggunakan Traffic Management System (TMC), selanjutnya akan diperoleh data situasi secara real time. Output akhir dari salah satu produk ITS ini adalah terbangunnya service of traffic information dan APPIL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas) Portable PJT Porta Version 1.0.

Traffic Information System Korea : Sumber

Bila program teknologi dari Puslitbang ini diterapkan secara tepat, maka pengembangan ekonomi berkelanjutan akan mencapai target green economy setiap tahunnya. Selain itu, hal tersebut akan berkontribusi pada perkembangan instrumen aktifitas pembangunan dan peningkatan jalan yang ikut menekan angka pengeluaran anggaran negara (B/C > 1).

Inovasi di bidang IPTEK ini harus terus dikembangkan agar tetap menyeimbangkan antara prinsip pembangunan berkelanjutan dan faktor kelestarian lingkungan serta sosial. Hingga pada tahun 2025 nantinya, anak cucu kita dapat merasakan hidup yang sama seperti kita. Mereka akan berfikir lebih jernih, tanpa stagnancy pada pemerolehan sumber daya alam dan terus meningkatkan sumber daya manusianya.

Sumber
“Motor dari peningkatan kualitas infrastruktur ada di Badan Litbang. Peningkatan kualitas infrastuktur tersebut akan membawa kita mencapai hari esok yang lebih baik,” –Hermanto Dardak, Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU).






Jendela Pustaka:
  • Referensi  Recycling (Teknologi Daur Ulang Perkerasan)http://litbang.pu.go.id/recycling-teknologi-daur-ulang-perkerasan-jalan.

  • Referensi Green Road: http://litbang.pu.go.id/merangkai-masa-depan-green-road-di-indonesia

  • Referensi RCMS (Road Remote  Censing Monitoring) & Quote Bapak Hermanto Dardak:  http://litbang.pu.go.id/badan-litbang-sebagai-motor-kualitas-infrastruktur

  • Referensi Intelligent Transportation System (ITS): http://www.pusjatan.pu.go.id/pus_our

  • Referensi APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas) Portable PJT Porta Ver 1:  http://litbang.pu.go.id/apill-alat-pemberi-isyarat-lalu-lintas-portable-pjt-porta-ver-1




  • Postingan ini dalam rangka sayembara penulisan blog dengan tema
    Oleh Badan Litbang Kementerian PU


    Jumat, April 12, 2013

    Pemilihan Rute Jaringan Lalu Lintas



    • Pemilhan rute adalah merupakan tahapan dari bangkitan perjalanan, dari suatu zona asal ke zona tujuan.
    • sebaran perjalanan dari dan keberbagai zona
    • pilihan moda,yang digunakan menuju zona tujuan
    • pilihan rute adalah arus perjalanan yang melalui rute-rute tertentu yang menghubungkan zona asal ke zona tujuan yaitu dari perjalanan zona asal i ke zona tujuan j




    Sebelum dilakukan analisis pemilihan
     rute input data yang harus tersedia antara lain 
    1. data jarak, kapasitas jalan, waktu tempuh, biaya perjalanan tiap ruas jalan yang menghubungkan zona asal i ke zona tujuan j
    2. sebaran perjalan antar zona ( matriks asal & tujuan dalam bentuk perjalanan /smp)
    Tujuan
    • Tujuan dan penggunaan pembebanan lalu lintas, untuk mendapatkan gambaran karakteristik system transportasi akibat adanya pergerakan kenderaan
    • Untuk mengestimasi volume lalu lintas pada ruas didalam jaringan/persimpangan
    • Menentukan rute yang diunakan antara pasangan O-D
    • Untuk memperoleh biaya estimasi perjalanan
    Kegunaan untuk mempermudah :
    • Pengujian kekurangan pada sistem transportasi yan ada
    • Evaluasi dampak perbaikan pada sistem yang ada
    • Penentuan skala prioritas pembangunan
    • Pengujian jaringan usulan sistem transportasi
    Sebelum dilakukan analisis pemilihan rute input data yang harus tersedia antara lain adalah sbb. 
    • Data jarak, kapasitas jalan, waktu tempuh, biaya perjalanan tiap ruas jalan yang menghubungkan zona asal i ke zona tujuan j
    • Sebaran perjalan antar zona ( matriks asal & tujuan dalam bentuk perjalanan /smp)
    • Variabel yang mempengaruhi pelaku perjalanan
    • Variabel yang terukur (kuantitatif), waktu tempuh, jarak tempuh, biaya perjalanan (ongkos/bahan bakar)
    • Varibel tak terukur (kualitatif), pemandangan alam, aman dan nyaman , kebiasaan, rute yang salah,
    Dalam analisis variabel pilihanrute terdapat 4 bagian analisis yang harus dilakukan yaitu:
    • Analisis alasan pelaku perjalanan memilih suatu rute dibanding rute lainnya.
    • Analisis pengembangan model, pemakai jalan memilih rute tertentu
    • Kemungkinan pemakai jalan berbeda persepsi mengenai rute terbaik
    • Analisis kemacetan (V/C ratio analysis), yang membatasi jumlah arus lalu lintas diruas jalan tertentu.
    Tujuan dan penggunaan pembebanan lalu lintas,
    • Untuk mendapatkan gambaran karakteristik sistem transportasi akibat adanya pergerakan kendaraan
    • Untuk mengestimasi volume lalu lintas pada ruas didalam jaringan/persimpangan
    • Menentukan rute yang diunakan antara pasangan O-D
    • Untuk memperoleh biaya estimasi perjalanan
    Struktur Jaringan Model jaringan jalan umumnya memiliki dua sub kumpulan simpul Centroid, yang mempersentasikan suatu titik didalam suatu zona sebagai titik awal dan titik akhir perjalanan, biasanya hanya terdapat satu buah dalam satu zona. Persimpangan,/Simpul (Node) biasanya adalah perpotongan dua penggal jalan atau pada titik perubahan fisik dari jalan (mis.penambahan/pengurangan jumlah lajur.

    JARINGAN JALAN

    Jalan adalah jalan yg sesuai dg nama jalan yg kita kenal dapat atau paling tidak punya potensi dilalui lalu lintas lebar antara bangunan-bangunan permanen > 3 m melayani kepentingan umum

    Simpul merupakan Suatu titik dari suatu jaringan jalan yang timbul akibat adanya persimpangan, perubahan nama jalan, perubahan geometrik (undivided  devided), Batas Wilayah Adm. Kota

    Ruas Merupakan Suatu garis tak terputus pada jalan yang menghubungkan dua simpul yang berdekatan
    Ruas Mikro merupakan jalur (carriegway) pada suatu ruas jalan

    ILUSTRASI JARINGAN JALAN KOTA



    Zona

    Zona, adalah wilayah/ sektor daerah studi, ukuran zona dipengaruhi oleh tahap pengumpulan data dan persyaratan yang diminta pada tahap pembebanan lalu lintas. Zona harus cukup memadai untuk menjamin bahwa data yang dikumpulkan dapat memberikan prakiraan bangkitan perjalanan yang handal dan harus sehomogen mungkin ditinjau dari sis tata guna lahan


    Sumber :kampuzsipil.blogspot.com

    Rabu, April 03, 2013

    Mengenal Konsep Rumah Hijau Hemat Energi


    Green House 1
    Green House 1 (Photo credit: Hammer51012)
    Ailovrends,

    Bangunan yang baik tidak bisa terwujud tanpa perencanaan yang baik pula. Dalam dunia konstruksi, perencanaan memegang peranan penting untuk kenyamanan para penghuninya. Bagi kita yang tinggal di negara tropis, yang terpenting adalah bagaimana desain sebuah hunian memiliki kemampuan berkompromi dengan iklim setempat, khususnya masalah panas, angin dan kelembaban.

    Selain itu penekanan bangunan pada aspek ekologi membuat hunian menjadi lebih ramah lingkungan. Beberapa prinsip desain rumah hijau hemat energi yang harus diperhatikan adalah:



    1. Mempertimbangkan iklim tropis (arah matahari dan angin)
    • Pemanfaatan sinar matahari
    Cahaya matahari yang melimpah di daerah tropis seharusnya dapat dimanfaatkan secara maksimal melalui bukaan-bukaan (jendela atau sejenisnya). Bangunan yg didesain harus diberi jarak dengan area sekelilingnya agar cahaya bisa masuk dari segala arah. Pemanfaatan sinar matahari yang baik bisa meminimalkan pemakaian listrik yang berlebihan.
    • Mempertimbagkan faktor angin (sirkulasi udara).
    Selain penggunaan bukaan yang maksimal untuk mendapatkan pencahayaan yang baik, bukaan juga mempengaruhi penghawaan alami bagi ruang-ruang dalam rumah. Sehingga penggunaan penyejuk ruangan (AC) tidak diperlukan sama sekali dan itu artinya penghematan energi dapat terpenuhi. Karena itu sistem ventilasi silang (cross ventilation) yang menempatkan bukaan saling berhadap-hadapan mampu mengalirkan udara dalam ruang secara maksimal.

    2. Faktor Ekologis

    Menyediakan lahan di sekitar rumah untuk sistem biopori, hal ini berkaitan dengan ketersedian air tanah di saat musim kemarau. Jika memungkinkan, buatlah sumur resapan di sekitar halaman. Ini merupakan usaha jangka panjang dalam hal konservasi air. Taman atau penempatan tanaman di sekeliling bangunan, keuntungannya adalah memungkinkan ketersediaan pasokan oksigen bagi penghuni dan lingkungan sekitar.
    Keberadaan vegetasi/pepohonan di sekitar bangunan juga mampu memberi kesejukan. Bayangan yang dihasilkan sebuah pohon sedikit banyak mampu mengurangi suhu panas dalam rumah. Rumah harus memiliki bak pengolahan sampah organik. Minimal memiliki tempat sampah yang terpisah antara sampah organik dan anorganik.

    3. Selain Panas, Kelembaban juga merupakan masalah di negara beriklim tropis.

    Solusinya adalah: Tidak semua dinding rumah perlu diplester. Beberapa bagian dinding rumah seharusnya meneraakan bata ekspose untuk mengurangi kelembaban. Fisik bangunan dibiarkan terekspose oleh material dasar seperti batu bata atau dinding aci tanpa, kalaupun ada bagian dinding yang harus dicat hanya bagian tertentu saja sebagai point of interest bangunan. Selain memberi solusi kelembaban juga untuk meminimalkan biaya.

    4. Dalam perencanaan bangunan gunakan lahan sesedikit mungkin.

    Artinya semakin luas lahan yang dipakai untuk mendirikan bangunan semakin kecil kemampuan tanah untuk menyerap air. Hal ini dapat menyebabkan berkurangnya persediaan air tanah dan beresiko banjir. Desain rumah panggung tradisional indonesia adalah salah satu bukti bahwa leluhur kita lebih bijak beradaptasi dengan alam dan lingkungannya.

    5. Terakhir yang tidak kalah penting adalah sikap dan tindakan manusia.

    Setiap orang berkomitmen untuk menggunakan air seperlunya. Lebih memilih memakai shower (pancuran) daripada bathtub. Begitu juga dengan pemilihan kloset yang memakai teknologi dual flush sehingga air yg dipakai untuk menyiram kotoran pas.
    Selain itu, tindakan bijak lainnya yg dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan air bekas bilas pakaian untuk menyiram tanaman(sebelumnya pastikan air tersebut tidak mengandung detergen yang keras) atau membilas kloset.
    Jika prinsip-prinsip dan tindakan ini Ailovrends terapkan maka rumah ailovrends layak disebut sebagai rumah hijau hemat energi. Dengan mengoptimalkan desain yang ramah lingkungan ke dalam hunian, kita tidak hanya mewujudkan kenyamanan bagi penghuninya namun juga turut andil dalam usaha menjaga bumi beserta isinya.

    Sumber : Atjeh Post.


    Enhanced by Zemanta

    10 Situs Blog Green World - Ramah Lingkungan

    Ailovrends, Bukalah mata anda dengan sedikit pandangan atas pentingnya mengetahui ilmu-ilmu penghijauan, sebagai pengembangan visi misi kita peduli lingkungan dari beberapa sector. Beruntunglah masih banyak teman-teman blog dari luar sana yang memiliki pengetahuan umum yang dapat dibagikan kepada kita mengenai misi green - peduli ramah lingkungan-. 

    Dodoy kali ini mau memaparkan 10 Top ranked green technology blogs 2013 berdasarkan sumber Situs Green Jobs. Ailovrends perlu membaca agar tidak ketinggalan dan ikut peduli akan pentingnya menjaga lingkungan serta peluang besar dari sebuah prospek kedepan yang berkaitan dengan lingkungan. Situ-situsnya adalah :
    1. Huffington Post: Situs ini memiliki fitu yang  extreme pada keseluruhan blog yang terdaftar di google. Blog ini menmaparkan topik-topik tentang green energy, perubahan iklim, dan teknologi. Apakah ailovrends tahu ada seorang profesor yang telah merubah banyak mobil dengan sistem hybrid?. Cobalah membukanya.
    2. TreeHugger: Situs teknologi green ini dimulai pada awal tahun 2004. Telah berkembang pesat menjadi salah satu blog green di website dunia. Situs ini memaparkan bisnis green, lowongan pekerjaan, dan teknologi. Semua di perbaharui sesua perkembangan dunia.
    3. The Daily Green: Situs yang menjadi langganan Dodoy ini juga masuk kedalam 10 blog terbesar dari Green. dengan perkembangannya yang pesat di tahun 2007, ailovrends dapat mengakses beberapa artikel yang berkaitan dengan Green. juga lowongan pekerjaan. Industry dan beberapa perusahaan lainnya.
    4. Environmental Graffiti : Muncul di awal tahun 2007, situs teknologi Green ini sudah sempurna untuk kita nikmati. Belajar dari informasi terkini seputar dunia gren. Dari aspect ekonomi, tata kota, dan lainnya. Situs ini juga memaparkan tentang green transportasi yang canggih di negara luar.
    5. EcoGeek : Dengan tema "Brains For The Earth". Situs ini perfect untuk memperoleh informasi green technology. Fokus pada area gadget baru.
    6. Grist : dikenal dengan "Beacon in the smog" Blog ini juga sangat solid dengan aspek jurnalistik. Dalam range topik greend dan relevan sejak tahun 1999.
    7. Ecofried: Sejak dari dulu, mereka telah sangat antusian untuk menjadi blog greend. Mereka menyanjung topik dalam beragam aspek, Geothermal energy, green gadget, biofuels, dan berita berita lainnya.
    8. World Changing: Blog green ini memperbesarkan pengetahuan ailovrends akan keberlangsungannya setiap usaha-usaha penghijauan. Dibarengi dengan permasalah politik didalamnya.
    9. Triple Pundit : Blog ini fokus pada tiga "P" dari bisnis green; Profit (Keuntungan), People (Orang), dan Planet (Bumi). Secara dalam blog ini membahas permasalahan konflik green didalamnya.
    10. U.S Green Technology : Blog ini juga salah satu langganan dodoy. Awal tahun 2009 mereka telah memaparkan banyak informasi tentang Green dan bagaimana mencari pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan denga Lingkungan.

    10 situs diatas merupakan situs yang telah diakui dunia. Mereka telah memperoleh banyak penghargaan tentang dukungan kata Go Green. Jika ailovrends ingin mengetahui ilmu yang ramah lingkungan silahkan berkunjung saja. Situs di Indonesia juga ada yang telah mendukung kata Go green. coba lihat di sisi bawah blog ini "Situs Ramah Energi Lainnya".

    Enhanced by Zemanta

    Sabtu, Maret 30, 2013

    Go Green Level – Tahapan Hidup Ramah Lingkungan

    Ailovrends, sudah lama dodoy tidak menulis di blog ini. Kalau dihitung-hitung lamanya hampir 7 tahun alias 7 hari, lebay sesekali. Kali ini dodoy berniat menuliskan artikel yang benar-benar super sekali. Tidak seperti biasanya, sumber inspirasi kali ini berasal dari lingkungan Bridge English Club. Club tersebut merupakan wadah dimana praktisi english speaker termasuk dodoy (Cia’elah) yang mencoba mengambil satu tema untuk dibicarakan setiap minggunya. 

    Mengingat tema yang terpilih dan diusulkan menjadi topik berasal dari usulan dodoy, jelas temanya pasti gak jauh-jauh dari Green, Environment, City, dan lainnya yang berhubungan dengan postingan di Blog Ramah Lingkungan ini. Maka dari itu, Dodoy akan mengulas banyak tentang Go Green Level – Tahapan Hidup Ramah Lingkungan.


    Sebelumnya, apakah ada diantara ailovrends yang belum tahu apa itu Go Green?. Coba buka tab baru dan klik Google dan selanjutnya isi di search box google dengan tulisan Go Green atau peduli ramah lingkungan, atau coba baca postingan dodoy sebelumnya Disini .

    Nah, sebenarnya dukungan masyarakat agar aware terhadap lingkungan sudah banyak ailovrends temukan di masing-masing kota. Ada yang mencoba menanam pohon, ada yang mencoba beralih moda transportasi dengan berjalan kaki, ada yang anti dengan lampu rumah atau malah ada yang sampai-sampai anti dengan parfum yang wangi. Berdasarkan ketelitian dodoy mengulik-ngulik beberapa sumber, ternyata itu semua memiliki levelnya masing-masing, menurut dodoy. Dapat disebut sebagai tahap-tahap bagi langkah kita mendukung  kata Go Green.

    Level Dasar

    Pada level ini kita sebagai manusia yang peduli sesama, sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga lingkungan. Mau gak mau, kita akan merasakan dampak dari perbuatan yang telah kita berikan terhadap lingkungan sekitar kita. Apakah dampak itu menjadi positif atau malah menjadi hal yang negatif bagi kita. Untuk itu, langkah yang sebaiknya ailovrends lakukan dalam level ini adalah.



    • Memulai hari dengan menyanyi "Bangun tidur ku terus mandi". Lho?. Melakukan penghematan air wajib hukumnya, karena ketersediaan air di bumi kita ini terbatas, apalagi penyediaan air milik PDAM.  Lebih rinci lagi, Saat menjelang kegiatan gosok-gosok gigi, cobalah masing-masing ailovrends untuk menyiapkan gelas berisi air untuk berkumur, sehingga dapat menghemat pemakaian air saat berkumur.
    • Mandi jangan terlalu lama. Mengingat waktu adalah uang. Dan anggota keluarga ailovrends juga sedang menunggu diluar untuk segera bergantian.
    • Matikan shower bila ailovrends punya di kamar mandinya. Saat sedang memakai sabun atau shampo, jangan terlalu lama terlena dengan gosokan tangan karena hasilnya sama saja bila shampo yang dipakai adalah yang seribu dapat dua.
    • Meninggalkan rumah dalam keadaan Listrik padam. Jangan lupa mematikan semua elektronik, mulai dari lampu, TV, rice cooker, AC, dll.   
    • Membawa perlengkapan bekal sendiri, apakah itu termos atau mangkok tempat menampung nasi serta lauk. Jangan sampai menggunakan plastik yang sama sekali tidak ramah lingkungan. Dan ini wajib bagi ailovrends yang suka makan. *Peace*.
    • Menggunakan kertas secara timbal-balik, bolak balik, sudut atas, kanan bawah. Jangan pula sampai menulis surat atau catatan bila ada salah sedikit langsung disobek, bisa saja kertas itu bisa menjadi kegunaan lain sebagai catatan yang lebih penting.
    • Membawa plastik-plastik yang diperoleh dari pedagang kios untuk kita bawa pulang. Lebih baik kita menggunakannya daripada membuangnya begitu saja, mengingat banyak kegunaan lain dari plastik selain membungkus barang belanjaan. Seperti menjadi sarung tangan dadakan, sarung kepala pengganti mantel anti hujan, dan bisa menjadi lapisan tong sampah yang memudahkan kita mengumpulkan sampah-sampah. Ingat 3R. Gunakan kembali (Reuse), daur ulang (recycle) dan kurangi (reduce).
    • Menyalakan lampu rumah seadanya di malam hari. Agar cara ini lancar, mulai sekarang coba jangan menonton film horror yang settingan-nya malam. Sebab akan mempengaruhi daya imajinasi kita terhadap halusinasi yang aneh-aneh di malam  hari.
    • Menyiram Bunga, Ini level murah meriah kan, daripada repot-repot menanam pohon, lebih baik coba menanam bunga dan menyiramnya, agar ia tumbuh sehat dan kuat. Hal ini akan menjadi kesenangan sendiri sebab dampak positif dari energi yang diperoleh oleh keteduhan perkarangan taman. Jangan buru-buru menanam pohon bila tak sanggup merawatnya. Bisa-bisa nanti perkarangan rumah ailovrends menjadi hutan kota.

    Level Menengah Pertama

    Bumi ini adalah satu-satunya planet layak huni yang harus diwarisi kepada anak cucu kita.. Apa saja yang dapat kita lakukan untuk merawat Bumi?.

    Naning Adiwoso, Ketua Green Building Council Indonesia (GBCI) mengatakan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga Bumi tercinta ini :
    • Gunakan produk lokal, Relevansi dari kalimat ini mungkin tidak ada, namun secara langsung bila ailovrends setia dengan produk lokal maka pemasokan produk luar akan berkurang semakin lama, maka ini akan mengurangi dampak polusi atau sampah yang terdapat di kota tercinta kita.
    • Tanam pohon dan pelihara, Mungkin ini terasa berat dan harus loyal meluangkan waktu. Semakin kita sadar bahwa Bumi sudah sangat lemah dan minim lahan hijau, maka sebaiknya kita mengantisipasi akan terjadinya pencairan es di kutub utara dan selatan yang semakin lama semakin meningkatkan tingginya permukaan air di bumi.
    • Cek emisi kendaraan secara berkala, Bagi kita yang sangat bergantung dengan kendaraan bermotor, oleh sebab nilai waktu kita yang sangat tinggi, maka untuk itu cobalah mengontrol emisi dari mesin kendaraan ailovrends, tidak menutup kemungkinan bagi kendaran baru juga tidak lolos dalam pengujian emisi ini.
    • Hemat biaya bahan bakar dan mengurangi polusi, Salah satu caranya dengan mengurangi suhu alat pendingin mobil 1 derajat saja dan Ailovrends akan dapat menghemat BBM hingga 10%. Ingat, 1 derajat saja bisa membuat perbedaan besar.
    • Memilah sampah rumah tangga, Organik dan Anorganik, itu biasanya telah dilakukan oleh masyarakat luar negeri. Dinas kebersihan sebelumnya juga sudah menegaskan kita untuk memilah sampah basah dan sampah yang kering. Maka dari itu cobalah memilah-milah sampah yang baik dan bisa didaur ulang dan mungkin tidak. Ingat sekali lagi mengenai 3R. Gunakan kembali (Reuse), daur ulang (recycle) dan kurangi (reduce).

    Dengan mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan diatas, Ailovrends terdorong untuk menghemat penggunaan energi, baik listrik, air, maupun sumber daya alam yang proses memperbaruinya tidak mudah.

    Level Menengah Keatas

    Pada level ini mungkin hanya sebagian kita yang seharusnya bisa melakukan ini. Secara masing-masig dari ailovrends juga memiliki bidangnya masing-masing. Namun tidak terkecuali mencoba beraksi atau belajar untuk mengetahui langkah-langkah ini.
    • Buat sumur resapan, Bila kita ingin menjaga kondisi kebersihan air dalam tanah, maka hal ini sangat penting kita lakukan, selain itu ini sangat mempengaruhi kesuburan tanah disekitar perkarangan rumah. Dengan adanya sumur resapan, ailovrends juga tidak perlu repot-repot menggunakan jasa layanan penyedotan tinja seminggu sekali.
    • Beralih dari moda transporasi pribadi menjadi transportasi publik. Ini sangat mengurangi dampak dari polusi udara dan suara. Berdasarkan survey Badan Pusat Statistik (BPS), tahun lalu pertumbuhan kendaraan milik pribadi telah mencapai lebih dari 10% setiap tahunnya. Berarti semakin lama kapasitas jalan tidak akan sanggup lagi menampung beban volume yang melambung tinggi. Bisa jadi dengan beralih menggunakan transportasi publik akan menyadarkan pemerintah kita untuk membangun fasilitas infrastruktur kota yang cerdas, ramah, dan hemat energi.
    • Menolak memiliki teknologi Dishwasher, Walaupun penggunaan dishwasher terbilang jarang di Indonesia, namun bukan berarti Ailovrends tidak mungkin dapat memilikinya, sebab teknologi yang canggih ini bisa jadi akan sampai ke tangan produsen dalam negeri untuk dijual pada kita. Cobalah mencuci peralatan dapur secara manual dengan tangan.
    • Mengkondisikan pemakaian Lemari Es, Walaupun ailovrends telah memiliki kulkas berlabel energy-efficient, tetap saja sesekali kita dapat memboroskan energi jika tidak menggunakannya dengan tepat. Satu kesalahan umum dilakukan adalah menyetel temperatur terlalu rendah. Dan satu cara mengakali lemari es untuk menjaga kestabilan suhu adalah menggunakan kaca. Kaca akan menjadi tameng insulasi yang menjaga makanan dan minuman tetap dingin
    Selain beragam tindakan peduli lingkungan atau disebut Go Green seperti diatas, cobalah terus mengubah persepsi ailovrends dalam mendukung kata Go Green, sebab ini akan menjadi awal contoh yang baik sebagai penerus bangsa – Agent of Change- juga bagi calon anak cucu kita nanti.

    Sekian dulu artikel dodoy mengenai Go Green Level – Tahapan Hidup Ramah Lingkungan. Semoga ini akan bermanfaat bagi ailovrends semua, khususnya bagi teman-teman dodoy yang ada di Bridge English Club agar lebih mengeksplorasi pembicaraan nanti dalam diskusinya minggu depan. ^_^

    Salam hangat,

    Dodoydoni.
    Enhanced by Zemanta

    Senin, Maret 25, 2013

    Polusi Lalu Lintas Jalan terhadap Asma Anak


    Sebuah studi yang baru telah menemukan hubungan antara tingkat asma masa kecil dan polusi dari lalu lintas. Studi terakhir telah terbit di Jurnal European Respiratory, yang meneliti tentang level asma di 10 kota di Eropa dan menemukan bahwa orang yang hidup di dekat 
    Lingkungan jalan lalu lintas tinggi akan mengalami 14 persen dari keseluruhan kasus asma.

    Jumat, Maret 22, 2013

    Cara Mencari Jurnal - Jurnal


    Source image : Republika.co.id
    Ailovrends, Tadi siang dodoy menemani salah satu teman yang mencari jurnal di pustaka kampus. Agak kurang memang bila seorang mahasiswa atau para akademisi lainnya hanya bisa mencari jurnal-jurnal melalui satu sumber saja. Kasihan ya. (-_-)

    Jurnal Teknik Sipil saat ini merupakan sebuah keharusan para akedemisi di Bidang Teknik Sipil untuk membuatnya. karena disamping untuk menambah pengetahuannya, membuat Jurnal juga bisa menunjukan kapasitasnya sebagai peneliti dengan demikian ada nilai tambah dari segi Poin sertifikasi.

    Senin, Maret 18, 2013

    JUAL TANAH DI KOTA BANDA ACEH


    LAY-OUT LOKASI TANAH

    Mau bangun Rumah, Toko, atau Usaha?. Butuh Tanah yang memiliki akses yang fleksibel.

    Terdapat 2 Lokasi Lahan Kosong yang Dijual di daerah perkotaan Banda Aceh, harga dapat di negosiasi, dan dapat dilihat dulu lokasinya dengan petunjuk dari gambar layout tanah dibawah atau langsung bisa menghubungi contact personal ke 0821-6000-0918 a/n Doni.

     1.      HARGA TANAH LOKASI 1 : Rp. 700.000 /Meter²
    • Tipe Properti :  Lahan Kosong
    • Luas Tanah   : ±  1.500 meter²
     2.      HARGA TANAH LOKASI 2 : Rp. 1.200.000 /Meter²
    • Tipe Properti :  Lahan Kosong
    • Luas Tanah   :  ±  700 meter²

    3.    LOKASI :

    • Jalan Meulagu 4 Tibang, Banda Aceh.
    • Jalan Rawa sakti barat Lr. VII Perumnas Jeulingke, Banda Aceh.

    4.    KETERANGAN : Lokasi Mudah dijangkau. 
    • Lokasi Tanah 1 Berada disamping Ruang Terbuka Hijau Hutan Kota Banda Aceh
    • Lokasi Tanah 2 Berada Dijalan Rawa sakti Lorong VII, Perumnas Jeulingke Dibelakang Mesjid Al-Wustha

    5.  AKSES TERDEKAT :

    Jembatan Keurucut, Simpang Mesra, Perumnas Jeulingke, Universitas U’budiyah, Universitas Syiah Kuala, AMIKI, Ke Pusat Kota 15 Menit, Ke Kantor Gubernur 5 Menit, Dan ke Daerah Lainnya.

    Photo Udara Lokasi Tanah 1 :

    Foto Lokasi 1 Berdekatan dengan Hutan Kota BNI
    Arah menuju lokasi melewati Simpang Mesra

    Photo Udara Lokasi Tanah 2 :

    Lokasi 2 Berada dibelakang Mesjid Al-Wustha Perumnas Jeulingke

    Segera Hubungi :

    Personal Information  :  Doni Daroy (0821-6000-0918)
    Jenis                                :  Perorangan
    Enhanced by Zemanta