Kamis, Januari 31, 2013



 
Setiap kali Ailovrends menghadapi suatu kegiatan proyek, pertama-tama perlu memahami dokumen kontrak. Isi dokumen kontrak berupa surat perjanjian antara pemilik bangunan dan kontraktor, persyaratan umum dan administrasi atau general specification, dan persyaratan teknis.
Dari dokumen kontrak ini dapat kita jabarkan metode pelaksanaan suatu proyek.

Untuk metode pelaksanaan dari item-item kegiatan pekerjaan, perlu diketahui biaya, lama waktu pelaksanaan, mutu dan jumlah bahan yang dipakai, serta memperhitungkan kemampuannya dalam hal jumlah dan mutu sumber daya yang dimiliki (Sumber daya manusia, sumber daya keuangan, dan sumber daya alat). Sehingga dalam manajemen pelaksanaan kegiatan suatu proyek yang sering disebut dengan "man, money, machine, material, method and management".

Biasanya pada awal proyek perlu segera membuat rencana berikut:
Main Schedule
1.      Detailed Schedule
  1. Material Schedule
  2. Equipment Schedule
  3. Man Power Schedule
  4. Metode Kerja Pelaksanaan
  5. Job Lay Out
  6. Membuat Pagar keliling
  7. Membangun bangunan sementara (site office, bedeng-bedeng kerja, gudang sementara, stock pile material, rumah genset, akses keluar masuk sementara)
  8. Shop drawing
  9. Membuat gambar contour (Original ground level)
  10. Lokasi Quarry terdekat
  11. Membuat Struktur Organisasi
  12. Menentukan Sumber daya manusia.

0 komentar: