Kamis, Januari 31, 2013


Bagi ailovrends yang kebetulan lahir pada zaman kaset tape tempo (-_-) doeloe demi memutar sebuah lagu, atau juga mungkin ada sebagian ailovrends malah tidak punya uang untuk mengoleksi piringan hitam.

Nah, dodoy yakin sebagian besar penikmat musik yang lahir dibawah tahun 80-an dan 90-an lah yang mengalami hal yang seperti ini. (Cc. Temenku di jakarta #Benas). (^_^)

Ketika kita berbicara tentang kaset, kita tidak hanya berbicara tentang media fisik berupa pita dan cover plastik semata. Dengan kaset, kita bisa menikmati musik secara utuh dan menyeluruh. Semua variabel yang melibatkan musik kaset, mulai dari promosinya hingga menikmati art cover dan “say thanks” dari musisi atau band idola kita.. JADUL hehehe.

Berikut ini hal yang mungkin ailovrends perlu kenangi dalam memutar kaset milik sendiri.


1.      Pertama-tama, buka pelan-pelan bungkusan plastiknya. Setelah itu buka hard cover nya. Ambil kasetnya lalu setel di tape atau di Walkman kita. Dan Ailovrends pasti tahu bagaimana rasanya “memperkosa” kaset untuk pertama kalinya.

2.      Bila ada lagu-lagu yang menjadi hits, ailovrends mungkin seenaknya mempercepat atau memundurkan kaset di tape yang biasanya dilakukan adalah dengan mengeluarkan kaset dari tape lalu putar-putar kaset tepat di lubang pemutar dengan pensil atau pulpen. hahaha

3.      Ketika kualitas suara kaset dirasa semakin menurun, biasanya kita membersihkan head tape dengan cairan alkohol. Untuk kasetnya sendiri, konon ada yang bilang untuk menaruhnya di kulkas agar suara kaset tetap jernih. Ribeeetnya ya Tuhan.

    Coba kita bandingkan dengan “Gaya anak jaman sekarang” di era digital masa kini.

1.      Pergi ke warnet atau berinternet sendiri untuk mencari MP3 lagu-lagu yang “ngehits”.
2.      Setelah dapat satu album dengan gampangnya mereka bisa meloncat kesana kemari dari satu lagu ke lagu lainnya atau dari menit per menit dalam lagu dengan fasilitas dari pemutar musik digital di komputer atau MP3 player.
3.      Kalau ada teman yang mau meminta lagu, langsung saja mereka bilang, “Tuhcopyaja sendiri..” ckckckckck.

Kaset memang produk dari zamannya, sehingga tulisan dodoy ini mungkin hanya bersifat nostalgia belaka apalagi buat teman doy itu (#Benas) yang menginspirasikan di waktu hujan sore buat nostalgila x ini.. hihihi

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Yess it's true, yg sudah hidup di 80 - 90an pasti pernah merasakan putar2 kaset pake pensil :D

Unknown mengatakan...

benar kan?? kamu pernah mengalaminya???