Senin, Februari 04, 2013


Ailovrends,
Sudah merasa matang untuk memulai proyek sendiri atau dengan teman-teman yang sudah disiapkan jauh-jauh hari selama masih duduk di bangku kuliah. Nah seperti yang dodoy tulis di post sebelumnya tentang Bagaimana Mengelola Proyek Sendiri kali ini kita lanjutkan dengan Langkah ke II dalam menyusuh strategi kemenangan untuk langkah awal sebagai Penyedia Jasa yang Berkualifikasi atau diperhitungkan.

LANGKAH II
Setelah Ailovrends sangat matang dalam mempersiapkan proyek maka agar kita bisa mengatur strategi kemenangan kita cari tahu dulu informasi mengenai siapa saja yang terlibat dalam proyek dari si Bapak Owner ini, misal :

A.      Buat team kecil Beri tugas masing-masing anggota team, pastikan orang yang tepat untuk tugas yang diberikan (sesuai kualifikasinya). Buat struktur organisasi yang jelas dengan job dan kemampuan masing-masing. Beri tugas

B.      Tetapkan schedule Proyek dengan cara:
-          Berdasar waktu yang diberikan oleh Owner maka kita BreakDown menjadi beberapa item pekerjaan utama.
-          Kemudian kita Break Down lagi item pekerjaan utama tersebut menjadi detil-detil pekerjaan yang diperlukan.
-          Dalam menentukan schedule harus kita tentukan dahulu restrain/hambatan-hambatan yang mungkin bisa terjadi saat kita on action. (i.e. hujan, pengiriman material, hari besar, Force major laen)
-          Jangan membuat jadwal kerja dengan memasukkan pekerjaan yang over time, karena hal ini akan kita masukkan ke dalam pekerjaan-pekerjaan yang kritis yang mungkin terjadi di tengah-tengah perjalanan (Safety Factor).
-          Setelah itu kita buat Diagram Gantt agar mudah untuk dikontrol.

C.      Susun Anggaran yang akan kita Gunakan dalam Proyek. Biaya apa saja yang kita keluarkan selama proyek berlangsung.
-  Biaya Survey awal
-  Biaya Pekerjaan persiapan
-  Biaya Mob Demob
-  Biaya pengadaan alat kerja
-  Biaya Material pendukung
-  Fixed Cost (Gaji Karyawan/ Sub Kon)
-  Over head Cost
- Etc.

E.   Sesuaikan/ Matchingkan Rencana anggaran biaya proyek dengan schedule yang telah kita buat. Hindari Over Budget.

F.   Selalu control Cashflow anggaran dengan baik dan harus ketat(disiplin) mengikuti anggaran yang telah kita buat, agar tidak terjadi Over budget.

Setelah itu Ailovrends masuk ke langkah Pengendalian proyek dengan beberapa metode. mungkin besok dodoy tulis langkah selanjutnya, Good Luck and have a Comment? fill pleasurely.

0 komentar: